Cuaca Panas? Jangan Minum Es Cendol

by
July 10th, 2012 at 12:30 pm

Saat cuaca sedang panas banyak yang menginginkan minuman dingin untuk meredam panas tubuh mereka. Makanan seperti es cendol dan minuman dingin lainnya jadi laris manis di udara yang terik. Sebaliknya, saat cuaca terasa dingin atau sedang hujan, keinginan untuk memakan makanan yang panas dan pedas meningkat karena ingin menghangatkan badan.

Menurut ilmuwan, makanan dingin malah menaikkan suhu tubuh bukan sebaliknya. Efek makanan/minuman dingin seperti es cendol memang membuat badan terasa dingin karena efek sistemik namun hanya dapat berlangsung selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu akan muncul efek sebaliknya. Hal inilah yang dikemukakan oleh Gerard E. Mullin, direktur gastroenterology di Johns Hopkins Hospital.

Bagian tubuh yang terkena efek dingin es cendol akan mengalami penurunan suhu karena panasnya dipindahkan ke makanan yang dingin ini. Setelah itu akan berlanjut pada proses pencernaan yang akan meningkatkan suhu tubuh karena pencernaan mulai bekerja menyerap nutrisi pada es cendol dan menyimpan kalorinya.

Barry G. Swanson, profesor dan ketua Food Science and Human Nutrition di Washington State University, mengungkapkan bahwa tubuh akan meningkatkan aliran darah ke daerah yang mengalami penurunan suhu tadi sehingga suhu akan kembali normal. Dari keterangan ini dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman dingin tidak dapat mengubah temperatur tubuh secara keseluruhan.

Hal sebaliknya ditemukan pada makanan pedas. Makanan ini bisa menurunkan suhu tubuh. Luke LaBorde, profesor ilmu pangan di Penn State, mengatakan bahwa fenomena makanan pedas menurunkan suhu tubuh dinamakan gustatory facial sweating.

Sambal memiliki efek menurunkan suhu tubuh. Makanan pedas memang akan membuat tubuh merasa panas namun akan menjadi sejuk secara perlahan-lahan. Swanson menjelaskan bahwa panas karena pedas membuat badan jadi berkeringat. Pada saat angin bertiup mengenai tubuh, suhu tubuh akan menjadi lebih dingin karena penguapan keringat tadi.

Manfaat lain makanan pedas adalah mempercepat aliran darah ke kulit sehingga setelah makan pedas, kulit seseorang akan menjadi merah. Hal ini akan membuat suhu tubuh meningkat namun saat kulit tak lagi merah, suhu tubuh menurun sehingga terasa lebih sejuk.

Comment di sini