Film “Mata Tertutup” Layak Ditonton Siswa Sekolah

by
July 10th, 2012 at 1:42 pm

Film “Mata Tertutup” yang menceritakan tentang perekrutan mahasiswa dan pemuda yang menghilang karena ulah organisasi teroris Negara Islam Indonesia (NII) akan diputar di sekolah-sekolah di Indonesia. Pemutaran akan dilakukan di sejumlah sekolah negeri di beberapa kota.

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata hasil penelitian dari Maarif Institute, sebuah lembaga yang bergerak untuk kemajemukan agama, budaya, etnis, dan martabat kemanusiaan. Film yang berdurasi 90 menit ini diproduksi oleh Maarif Production dan SET Film serta disutradari oleh Garin Nugroho.

Film yang telah dirilis pada bulan Maret kemarin ini berisi kampanye antifundalisme, antikekerasan dan antiterorisme. Sejumlah sekolah yang beruntung di kota-kota besar seperti di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Solo, Semarang, Cirebon, dan Garut akan disambangi untuk pemutaran film.

Tempat yang menjadi prioritas pemutaran film adalah SMA negeri. Penyelenggara akan berkoordinasi dengan kepala dinas pendidikan yang ada di tiap kota. Pemutaran film ini akan diadakan setelah lebaran seperti yang telah dikatakan oleh Executive Director Maarif Institute, Fajar Riza UI Haq.

Fajar mengungkapkan, film “Mata Tertutup” ini bertujuan untuk menyadarkan anak muda agar mereka dapat mengenali dan mewaspadai adanya jaringan organisasi yang berbahaya seperti NII. Ia memilih pelajar SMA karena mereka dinilai masih labil dalam hal pencarian jati diri.

Dalam film ini terdapat tiga karakter yang masing-masing memiliki ceritanya sendiri. Ada seorang pemuda yang direkrut menjadi “pengantin” bom bunuh diri demi surga untuk ibu.

Karakter kedua adalah Ibu Asimah yang mencari anaknya bernama Aini, seorang gadis yang diculik oleh NII, yang akhirnya kembali ke rumah. Yang terakhir adalah Rima, seorang pemudi yang sedang mencari jati diri dan sempat menjadi bagian dari NII (Negara Islam Indonesia).

Inilah trailer video film “Mata Tertutup”:

Comment di sini