NASA Rilis Foto-foto Baru Planet Merah

by
July 10th, 2012 at 3:44 pm

CiriCaraPlanet keempat dalam tata surya kita yang sering disebut sebagai Planet Merah ini sering digembor-gemborkan sebagai calon pengganti planet Bumi. Struktur dan susunan udaranya dianggap cocok sehingga bisa dihuni oleh makhluk hidup yang tinggal di Bumi.

Para peneliti sedang sibuk melakukan berbagai penelitian tentang kelayakan planet ini untuk menjadi planet Bumi kedua.

Berikut ini beberapa foto baru Planet Merah yang berhasil diambil oleh para badan peneliti antariksa Amerika Serikat dan Eropa.

REUTERS/Ho/European Space Agency ESA

Ini adalah bentuk planet Mars dilihat dari luar angkasa. Gambar ini berhasil diambil oleh pesawat antariksa milik Badan Antariksa Eropa (ESA).

AFP Photo

Ini adalah gambar permukaan planet Mars yang diambil oleh panoramic camera (pancam) milik pesawat NASA yang diluncurkan dalam misi penjelajahan planet Mars.

REUTERS/NASA/JPL/Arizona State University/Cornell University

Ini adalah gambar berikutnya yang diambil oleh pancam NASA dalam misi yang sama yaitu penjelejahan permukaan planet Mars. Gambar ini menunjukkan bahwa permukaan Mars berbatu-batu.

REUTERS/NASA

Gletser berhasil ditemukan di permukaan Mars. Gletser ini diduga terkubur dalam waktu yang cukup lama dan panjangnya bisa mencapai puluhan km di bawah pegunungan.

REUTERS/NASA/JPL/Cornell

Ini adalah meteorit yang berhasil menembus atmosfer planet Mars. Ini adalah meteorit yang pertama dengan komposisi dan tipe yang berbeda dari yang pernah masuk ke Bumi.

Peristiwa matahari terbenam di Mars terlihat lebih indah. Namun, warna matahari tampak agak putih dan kebiru-biruan. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan matahari terbenam di Bumi. Perbedaan warna itu disebabkan oleh cahaya matahari yang dibiaskan oleh komposisi dan susunan partikel yang memenuhi udara di planet Mars tersebut.

REUTERS/NASA

Inilah kondisi permukaan kutub utara planet Mars. Keadaan tanahnya berbatu-batu, sangat berbeda dengan keadaan kutub utara pada Bumi yang terdiri dari bongkahan es besar.

Itulah fenomena keindahan planet Mars. Apakah planet merah ini benar-benar dijadikan “rumah kedua” bagi para penghuni Bumi? (YK)

Yahoo

Comment di sini