Survei: Mabuk Jadi Pilihan Favorit Saat Stres

by
July 10th, 2012 at 8:33 am

Sebuah survei mengungkap bahwa sebagian orang lebih memilih untuk mengonsumsi minuman keras sebagai cara untuk menghilangkan stres atau tekanan batin. Survei ini dilakukan oleh lembaga nirlaba Drinkaware di Inggris pada Mei 2012.

Survei ini melibatkan 2000 responden yang berumur 30 hingga 45 tahun. Hasilnya cukup mengejutkan karena hampir dua pertiga responden menyatakan bahwa mereka meminum alkohol untuk melepas penat. Satu dari enam responden wanita mengatakan bahwa mereka mengonsumsi alkohol setiap hari atau setidaknya beberapa hari dalam seminggu. Hal serupa diungkap responden pria. Seperlima responden pria juga meminum alkohol setiap hari atau beberapa kali dalam sepekan.

Profesor Paul Wallace, Chief Medical Adviser Drinkaware, menyatakan bahwa semakin banyak mengonsumsi alkohol akan membuat tubuh semakin terbiasa sehingga jumlah konsumsi alkohol akan terus bertambah.

Menurut dia, alkohol dapat memberi efek buruk pada kesehatan karena menyebabkan munculnya gangguan tidur, peningkatan risiko penyakit jantung, hati, dan kanker. Para responden mengatakan bahwa masalah atau tekanan yang muncul biasanya dipicu oleh pekerjaan dan kondisi finansial keluarga. Sedikit sekali stres yang muncul karena masalah dengan keluarga.

Head of Campaign and Communication Drinkaware, Siobhan McCann, mengatakan bahwa alkohol sebenarnya solusi riil yang digunakan untuk mengatasi stres. Alkohol hanya dapat mengurangi tekanan pikiran dalam jangka pendek. Tekanan itu akan datang kembali dengan dampak yang lebih besar.

Bagaimana pun juga alkohol tidak dapat menyelesaikan masalah malah akan menimbulkan masalah lain lagi. Banyak cara mengatasi stres tanpa harus melibatkan alkohol. Bahkan, stres sebenarnya juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan lho.

Comment di sini