Tinggal 18 Ekor, Ular Ini Paling Langka di Dunia

by
July 10th, 2012 at 6:16 pm


Jakarta (CiriCara) – Ular jenis St Lucia Racer (Liophis ornatus) dinobatkan sebagai ular paling langka di Dunia. Saat ini, menurut ilmuwan, jumlah ular St Lucia Racer yang masih hidup adalah 18 ekor. Karenanya ular ini pantas untuk menyandang gelar paling langka di Dunia.

Seperti dikutip dari Kompas, ular tersebut dulunya hidup di sebuah pulau kecil di dekat Pulau St Lucia, tepatnya di wilayah rantai pegunungan yang memanjang dari Puerto Rico ke Amaerika Selatan, masuk di wilayah Samudra Atlantik.

Sebelumnya populasi St Lucia Racer sangat banyak di St Lucia. Namun, ular yang berukuran mini (hanya 1 metir) ini mulai mengalami kepunahan sejak mongoose mulai diintroduksi. Sebenarnya target mongoose adalah ular berbisa, tapi ternyata St Lucia Racer juga ikut punah.

Akibat sistem percobaan manusia itulah, ular St Lucia Racer dinyatakan punah pada tahun 1936. Namun, status punah akhirnya dicabut pada tahun 1973 setelah ular sepanjang 1 meter tersebut kembali terlihat di Maria Islands Nature Reserve, pulau dekat St Lucia.

Untuk memastikan jumlah dari ular St Lucia Racer yang masih hidup, para ilmuwan pun mulai melakukan estimasi pada tahun 2011. Hasilnya cukup mencengangkan, ular St Lucia Racer itu kini tinggal 18 ekor. Sementara estimasi menunjukkan bahwa jumlah ular tersisa tinggal 100 ekor.

Demi menjaga kelangsungan hidup hewan melata yang langka ini, upaya konservasi pun akan segera dilakukan. Sementara konservasi akan langsung ditangani oleh Flora & Fauna International dari Inggris. Sebelumnya, lembaga konservasi Flora & Fauna International tersebut telah sukses dalam meningkatkan populasi Antiguan Racer. Hewan langka yang dulunya tinggal 50 ekor kini bertambah menjadi 900 ekor.

Mereka berharap, populasi ular St Lucia Racer juga bisa meningkat setelah dilakukan konservasi. (YG)

Comment di sini