Windows 8 Siap Meluncur, Microsoft Gugat Pembajak di China

by
July 10th, 2012 at 5:19 pm

Jakarta (CiriCara) – Kantor Microsoft di China menuntut sembilan reseller komputer di tujuh kota yang berbeda di China. Bukti-bukti yang diperoleh menunjukkan bahwa dealer-delaer tersebut meng-install Windows bajakan di bermacam merk komputer termasuk Lenovo, Hewlett-Packard, Dell, dan Acer.

Tuntutan tersebut dilakukan beberapa saat setelah Microsoft memastikan bahwa Operating System (OS) terbaru mereka, Windows 8 akan melakukan proses Release to Manufacturing (RTM) kepada rekan-rekan bisnisnya untuk memulai produksi pada bulan Agustus mendatang dan akan tersedia di pasaran akhir Oktober 2012.

Kepala Konsultan Hukum Microsoft di China Tim Cranton mengatakan bahwa tindakan tersebut diambil untuk memberi peringatan kepada penjual-penjual komputer di China yang tidak menghormati hak kekayaan intelektual.

Microsoft memang telah meningkatkan serangannya terhadap para pedagang China yang menawarkan komputer-komputer lengkap dengan software bajakan, khususnya Windows. Beberapa tahun belakangan, mereka telah menuntut para penjual penjual komputer dan mendapat ganti rugi dalam sebagian besar kasus mereka.

Fang Xingdong, seorang pengusaha China di bidang web bahkan menegaskan. Microsoft mendapatkan 80 persen pendapatannya di China dengan menuntut para pembajak software mereka. Cara tersebut jauh lebih baik dibanding menjual software asli mereka.

Sepertinya usaha Microsoft membuahkan hasil. Setelah tiga tahun terakhir, tingkat pembajakan di China terus menurun. State Intellectual Property Office ( Badan Kekayaan Intelektual Negara) melaporkan bahwa tingkat pembajakan software di China terus menurun dari 41 persen di 2010, 38 persen di 2011, hingga 11.8 persen pada Mei 2012. (dd)

Comment di sini