CiriCara: Cara Laporkan Pelanggaran Pilkada DKI

by
July 11th, 2012 at 2:08 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Bagi warga Jakarta yang menemukan pelanggaran pada penyelenggaraan pilkada DKI Jakarta, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI menghimbau untuk segera melaporkan pelanggaran tersebut. Caranya mudah, bisa melalui SMS, atau datang langsung ke posko-posko pengaduan yang telah disediakan.

“Silahkan jika ada kecurangan baik di TPS atau selama proses pilkada berlangsung, laporkan kepada Panwaslu melalui layanan SMS dan posko yang telah disediakan,” ujar M Jufri, anggota Panwaslu DKI seperti dikutip dari Jawa Pos, Rabu (11/7).

Panwaslu DKI telah mendirikan pos-pos pengaduan di setiap kantor kecamatan dan kabupaten. Pelapor juga bisa datang langsung ke kantor Panwaslu DKI di Gedung Prasada Sasana Karya, Jl. Suryopranoto no. 8, Jakarta Pusat.

Selain itu, mereka juga menerima pengaduan yang dikirim melalui SMS ke nomor 08124283156.

Sayangnya, Panwaslu DKI tidak menerima laporan yang dikirim melalui media atau jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter. Menurut Jufri, pelaporan melalui media dan jejaring sosial tidak diterima karena Panwaslu memerlukan identitas pelapor yang jelas. Mereka perlu untuk tahu apakah sang pelapor tersebut masyarakat, tim sukses, atau pasangan calon gubernur.

Selain itu, Panwaslu juga menghimbau para pelapor agar menyertakan bukti-bukti dan saksi pelanggaran.

Comment di sini