Kenapa Anjing Gemar Gigit Tulang?

by
July 11th, 2012 at 3:06 pm

Anjing dikenal sebagai hewan peliharaan yang sangat penurut dan setia dengan majikannya. Anjing sangat suka memakan daging, dan itulah alasan kenapa mereka punya gigi yang tajam. Tapi, kenapa anjing hobi mengigit tulang yang sudah tidak ada dagingnya?

Tim pakar pimpinan Dr Joao Munoz-Doran dari Universitas Nasional Kolombia, menemukan jawaban mengapa anjing suka memakan daging dan tulang. Menurutnya, kebiasaan ini sudah dilakukan anjing sejak delapan juta tahun lalu.

Menurut Dr Munoz-Doran, anjing purba telah berperan penting dalam mewariskan hobi memakan daging dan tulang kepada anjing modern. Pasalnya anjing purba selalu berkelompok dan mencari mangsa yang lebih besar seperti cara singa dalam berburu.

Cara tersebut membuat keturunan anjing purba, termasuk anjing modern, menjadi hiperkarnivora atau binatang yang 70 persen pemakan daging. Itulah alasannya, gigi anjing sangat kuat dalam mencengkram.

Kesimpulan ini didapat tim Munoz-Doran saat menyusun ‘silsilah’ anjing. Lebih dari 300 spesies anjing yang ada, semunaya memiliki sejarah evolusi yang sama diantara sejumlah jenis anjing.

Jenis-jenis anjing yang berbeda itu muncul dari sejarah berburu anjing purba. Karena persaingan semakin ketat, sebagian anjing ada yang berevolusi dengan rahang yang lebih kuat dan ukuran taring yang lebih besar.

Karena kemampuan berevolusi yang baik, anjing purba ini mampu bertahan hingga ke generasi berikutnya. Kekuatan fisik anjing terutama bagian sekitar mulut terus mengalami peningkatan untuk mengunyah daging dan tulang.

Evolusi fisik tersebut pun diwariskan kepada anjing-anjing yang ada sekarang. Meski tidak lagi memburu, beberapa anjing punya kekuatan dan minat yang tinggi untuk memakan daging. Namun taring anjing sekarang mulai berubah, kini mereka hanya bisa mengigiti tulang saja.

Menurut Dr Munoz-Doran, naluri berburu anjing masih tetap ada. Haya saja, naluri berburu seperti mengejar dan memangsa yang dimiliki anjing kini sering diaplikasi sebagai keinginan bermain si anjing. Padahal itu adalah naluri berburu anjing namun tidak memangsa.

“Mereka punya alat untuk melakukan kebiasaan tersebut dan mereka ingin menggunakan alat itu,” tegas Dr Munoz-Doran seperti dikutip dari metrotvnews, Rabu (11/7/2012).

Kesimpulannya, anjing memakan daging dan tulang itu karena nenek moyang mereka. Sedangkan kebiasaan suka bermain anjing itu diturunkan dari kebiasaan berburu anjing purba. Jadi, jangan heran lagi jika anjing Anda suka daging dan tulang.

Comment di sini