Nama Hewan Laut Penghisap Darah Terinspirasi Bob Marley

by
July 11th, 2012 at 3:13 pm

US News

Arkansas (CiriCara.com) – Penyanyi berkebangsaan Jamaica, Bob Marley (1945-1981), kini tergabung bersama selebritis papan atas internasional yang diabadikan namanya sebagai salah satu nama spesies hewan yang baru ditemukan.

Bob Marley menyusul Presiden Obama, Stephen Colbert, dan Mick Jagger yang namanya menginspirasi ilmuwan untuk pemberian nama bagi sejumlah spesies baru.

Nama Obama diambil untuk menamai sekumpulan lumut yang tumbuh di pulau Santa Rosa di California, yaitu Caloplaca Obamae. Komedian Stephen Colbert diabadikan namanya sebagai nama dua jenis serangga baru sedangkan nama Mick Jagger sudah diberikan kepada fosil hewan laut yang punah, yaitu Aegrotacatellus Jaggeri.

Kini, para ilmuwan meresmikan ada satu spesies yang cocok untuk menggunakan nama Bob Marley karena dinilai sama-sama unik dengan penyanyi reggae ternama itu.

Spesies yang baru ditemukan ini adalah Gnathia Marleyi. Gnathia merupakan hewan laut yang habitatnya berada di antara terumbu-terumbu karang di perairan dangkal sebelah timur Laut Caribbean.

Spesies ini adalah jenis parasit krustasea yang hidup dengan menghisap darah pada jenis ikan tertentu. Itulah sebabnya dia digolongkan ke dalam hewan parasit.

Pada kenyataannya, Gnathia adalah hewan yang merugikan. Para pengawas terumbu karang di Caribbean juga melaporkan bahwa adanya penurunan tingkat kelestarian terumbu karang di perairan tersebut.

Sekarang ini, para peneliti sedang sibuk meneliti apakah ada kaitannya antara populasi Gnathia Maleyi dan kelestarian terumbu-terumbu karang di laut itu. (YK)

Live Science

Comment di sini