“Nyamuk Mandul” Dilepas Untuk Cegah Demam Berdarah

by
July 11th, 2012 at 5:40 pm

Pixmann / Getty Image

Brasilia (CiriCara.com) – Para peneliti kini berganti fokus dalam mengatasi Demam Berdarah (DB). Jika sebelumnya mereka fokus untuk mencari obat bagi penyakit mematikan tersebut, kini mereka berkonsentrasi untuk mencegah perkembangbiakkan populasi Aedes Aegypti, jenis nyamuk yang menyebabkan Demam Berdarah.

Pemerintah Brasil berencana untuk mengembangbiakkan nyamuk rekayasa yang diharapkan bisa membantu menekan penyebaran Demam Berdarah. Tujuan utama pengembangbiakkan nyamuk tersebut adalah untuk mengontrol populasinya.

Sejauh ini, caranya adalah dengan menyebarkan nyamuk-nyamuk yang sudah direkayasa secara genetik ke alam. Nyamuk-nyamuk tersebut merupakan pejantan yang–bisa dibilang– mandul karena keturunan mereka tidak akan mampu untuk berkembang hingga dewasa.

“Keturunan mereka tidak akan berkembang hingga dewasa, dan itu akan mengurangi populasi,” ujar pihak kementerian kesehatan Brasil, seperti dikutip dari Antara.

Mereka telah meresmikan sebuah pabrik yang akan “memproduksi” nyamuk-nyamuk yang telah dimodifikasi tersebut dan berencana untuk melepaskan empat juta Aedes aegypti jantan setiap minggunya. Sebelum menjalankan rencana tersebut, pemerintah Brasil telah melakukan percobaan dengan melepaskan ribuan nyamuk rekayasa di dua kota yang dipenuhi nyamuk demam berdarah. Hasilnya, metode tersebut mampu mengurangi populasi Aedes aegypti hingga 90 persen dalam waktu enam bulan.

Prestasi yang dicapai pemerintah Brasil tersebut diharapkan mampu mengurangi penyebaran Demam Berdarah, salah satu penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Sepanjang tahun lalu, penyakit ini membunuh hampir 500.000 orang. Penyakit yang belum ditemukan obatnya ini menyebabkan penderitanya demam, sakit di bagian otot dan sendi, serta demam berdarahdengue (dbd) yang mampu mengakibatkan kematian. (dd)

Comment di sini