Pilkada DKI: Quick Count Bukan Hasil Resmi

by
July 11th, 2012 at 3:22 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Meski beberapa lembaga survei dan media telah melakukan proses hitung cepat (quick count), masyarakat tetap harus menunggu hingga tanggal 20 Juli 2012 karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI baru akan memberi pengumuman resmi pada tanggal tersebut.

“Pengumuman perolehan suara secara resmi oleh KPU DKI Jakarta akan dilaksanakan pada 19-20 Juli,” ujar Ketua Pokja Sosialisasi, Pemungutan dan Penghitungan Suara KPU DKI Jakarta, Sumarno, seperti dikutip dari detikcom. Ia menyampaikan hal tersebut di kantornya di Jl Budi Kemuliaan, Rabu (11/7).

Sumarno juga menghimbau baik lembaga survei, media atau pasangan cagub untuk memberikan informasi tambahan bahwa hasil hitung cepat yang mereka lakukan bukanlah hasil resmi. Menurut Sumarno, yang memiliki kewenangan untuk mengumumkan siapa pemenang atau berapa banyak suara yang didapat oleh para calon gubernur adalah KPU.

Hal yang membuat KPU terkesan lambat dalam menghitung hasil pemungutan suara adalah karena mereka harus melakukan rekapitulasi penghitungan di tingkat provinsi.

Setelah tanggal 20 nanti, KPU akan segera mengumumkan perolehan suara para calon gubernur. Jika salah satu dari 6 pasangan peserta pilkada 2012 mencapai lebih dari 50% suara, maka Jakarta sudah akan memiliki Gubernur baru–yang ditetapkan oleh KPU– pada 20 Juli 2012.

Jika belum ada pasangan calon yang melebihi 50% perolehan suara, makan dua calon terkuat akan dipilih untuk bertarung dalam pilkada putaran ke-2. (dd)

Comment di sini