Pilkada DKI: Tunanetra Tak Diberi Surat Suara Braille

by
July 11th, 2012 at 1:33 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012, sudah dilakukan pada Rabu (11/7/2012) hari ini. Namun, untuk pemilih tunanetra Komisi Pemilihan Umum (KPU) ternyata tidak menyediakan surat suara braille seperti yang sudah dijanjikan.

Seperti yang dikutip dari Kompas, salah satu panitia pemungutan suara (PPS) di TPS 029, di Lebak Bulus, Jakarta Selatan menuturkan tidak ada surat suara khusus untuk tunanetra. Padahadal di TPS yang terletak di SDN Lebak Bulus 06 Pagi, Gunung Balong ini terdaftar satu nama pemilih tunanetra.

“Tak ada surat suara berhuruf braile,” kata Jamaludin, petugas PPS di TPS 029, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Hidayat salah satu panitia PPS di TPS 032 yang berlokasi di SD Widuri, Gunung Balong, mengatakan ada seorang warga tunanetra yang tidak mendapat undangan untuk memilih. Pasalnya warga tersebut bermasalah dengan administrasi sehingga tidak terdaftar.

Hidayat juga mengatakan bahwa di TPS-nya tidak menyediakan surat suara khusus untuk penyandang tunanetra. Jadi, jika ada tunanetra yang mau menggunakan hak pilihnya diperbolehkan untuk membawa pendamping.

Kenyataan tidak disediakannya surat suara khusus untuk tunanetra ini bertentangan dengan janji dari pihak Komisi Pemiluhan Umum (KPU). Padahal sebelumnya KPU berjanji akan menyediakan surat suara khusus untuk tunanetra atau braille.

“Ini buat yang tunanetra, tiap TPS ada,” kata Dahliah Umar salah satu anggota KPUD DKI Jakarta, pada bulan lalu.

Pilkada DKI Jakarta kali ini diikuti oleh enam pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur. Mereka adalah Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (1), Hendradji Soepandji-Ahmad Riza Patria (2), Joko Widodo-Basuki Tjahja Purnama (3), Hidayat Nur Wahid-Didik (4), Faisal Basri-Biem Benjamin (5), dan Alex Noerdin-Nono Sampono.

Sudahkah Anda menggunakan hak pilih Anda untuk Kota Jakarta yang lebih baik? (YG)

Comment di sini