San Francisco Tak Lagi Dapat Membeli Produk Apple

by
July 11th, 2012 at 5:15 pm

San Francisco (CiriCara.com)Apple, perusahaan gadget yang terkenal dengan inovasi-inovasinya ini, telah resmi keluar dari sertifikasi produk ramah lingkungan yang diadakan oleh Electronic Product Environmental Assessment Tool (EPEAT).

EPEAT adalah lembaga yang menentukan semua produk elektronik yang dipasarkan memiliki kualitas ramah lingkungan, dalam arti setiap komponennya dapat dibongkar-pasang ataupun didaur ulang.

Dulunya, Apple bergabung di dalamnya sebagai produsen barang-barang elektronik yang ramah lingkungan. Namun, kini Apple berubah pikiran terkait dengan perkembangan produk-produknya. Apple berencana untuk menciptakan produk yang tidak lagi menggunakan sekrup sehingga komponen-komponen di dalamnya tidak dapat dibongkar-pasang.

Dengan keluarnya Apple dari EPEAT, maka salah satu kota di Amerika Serikat, yaitu San Francisco tidak dapat menggunakan produk-produk keluaran Apple lagi. Hal ini dikarenakan sebuah kebijakan yang dikeluarkan pada 2007 bahwa kota San Francisco harus membeli barang-barang elektronik yang 100% bersertifikat ramah lingkungan yang dikeluarkan oleh EPEAT.

Melaine Nutter, direktur dari Departemen Lingkungan San Francisco menyampaikan kekecewaannya karena Apple memutuskan keluar dari sertifikasi ramah lingkungan tersebut.

Dia juga berharap Apple akan mempertimbangkannya kembali setelah mengetahui kalau seisi kota San Francisco tidak dapat lagi membeli dan menggunakan produk-produk keluarannya. (YK)

Mashable

Comment di sini