Pilkada DKI: TPS di Depan Rumah, Yuli Tetap Tak Bisa Nyoblos

by
July 11th, 2012 at 4:22 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Aini Yulianti hanya bisa memandang kesibukan orang-orang yang menggunakan hak pilih mereka. Ironisnya, pemandangan itu terjadi di halaman rumahnya sendiri yang digunakan sebagai Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Perempuan berusia 23 tahun tersebut mengaku kecewa lantaran tidak mendapatkan namanya di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Padahal, namanya selalu terdaftar sebagai pemilih pada pemilu-pemilu sebelumnya yang diadakan tahun 2007 dan 2009.

“Saya aneh banget sama yang sekarang. Padahal saya selalu terdaftar di pemilu 2007 dan 2009, baru sekarang saja (tidak terdaftar -red),” ujar Yuli, yang mengaku tinggal di tempat tersebut sejak kecil, seperti dikutip dari Kompas.com.

Hanya nama Yuli tidak terdaftar dalam DPT di antara keluarganya, sedangkan suami dan adiknya tercantum baik di Daftar Pemilih Sementara (DPS) maupun DPT. Namun, suami Yuli tidak menggunakan hak pilihnya karena tidak bisa meninggalkan pekerjaan.

Di daerah tersebut, ada dua orang yang namanya tidak tercantum dalam DPT. Bahkan, ketua RT tempat Yuli tinggal pun merasa bingung. Wahid, ketua RT yang mengaku telah lama mengenal Yuli, mengatakan bahwa ia telah mencoba memasukkan nama Yuli saat verifikasi tapi namanya tetap tidak muncul di DPT.

Wahid juga tidak berani untuk memberi Yuli izin untuk nyoblos meskipun Yuli telah menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan alamat rumah yang halamannya dijadikan TPS tersebut. (dd)

Comment di sini