5 Mitos Seputar Perempuan dan Haid

by
July 12th, 2012 at 12:01 pm

CiriCara.com – Menstruasi atau haid biasa dialami para wanita yang masih ada di usia subur. Haid datang setiap bulan, biasanya diiringi oleh sakit seperti perih melilit di bagian perut atau kondisi tubuh yang mudah lelah.

Informasi mengenai haid telah banyak tersedia sehingga para remaja yang baru pertama kali mendapat menstruasi bisa menyiapkan diri. Namun, informasi yang ada tidak seluruhnya benar. Beberapa di antaranya masih mengandung mitos yang belum tentu benar.

Simak informasi tentang mitos seputar perempuan dan haid berikut ini:

1. Mitos menghindari olahraga

Olahraga masih bisa dilakukan apabila Anda tidak sedang kesakitan karena kram perut. Latihan aerobik, berenang, jogging, berlari, dan berjalan adalah olahraga yang dianjurkan selama haid. Kegiatan ini bisa dilakukan dalam waktu beberapa menit saja.

2. Mitos keramas setelah masa haid tiga hari

Tidak ada hubungan antara haid dan keramas. Kamu bisa keramas kapan pun kamu mau. Apabila mandi dengan air hangat, sakit pada kram perut bisa berkurang. Kondisi ini juga akan membuat kamu jadi lebih nyaman.

3. Mitos larangan berenang

Berenang tidak diperbolehkan karena bisa menyebarkan darah haid dalam air. Sebenarnya, berenang bisa membuat sakit karena kram perut berkurang sehingga kamu akan merasa lebih baik.

4. Mitos pendarahan hanya dialami orang yang sudah memiliki anak

Pendarahan saat haid bisa terjadi pada siapa saja bahkan perempuan yang belum memiliki anak. Ketidakseimbangan hormon dapat membuat aliran darah meningkat. Pendarahan bisa juga disebabkan oleh kurangnya hormon progesteron dan haid yang tidak teratur.

5. Mitos mandi sebabkan kram

Kram dalam perut tidak disebabkan oleh kegiatan mandi. Hal ini disebabkan oleh otot yang ada di dalam rahim berkontraksi mendorong agar cairan bisa keluar. Mandi dengan air hangat dapat meredakan rasa sakit yang ditimbulkan.

Lima mitos ini seringkali dijadikan referensi mereka yang baru pertama haid. Jadi, bila mau keramas atau mandi tentu saja diperbolehkan saat haid. (GT)

Comment di sini