Awas! Model Rambut Poni Lempar Ternyata Berbahaya

by
July 12th, 2012 at 11:35 am

CiriCara.com - Model rambut yang sekarang sedang nge-tren di kalangan anak muda adalah poni lempar atau polem. Apapun jenis modelnya, rambut bagian depan selalu diberi model poni lempar.

Kepopuleran rambut ini disebabkan oleh banyaknya artis dan selebritis yang menggunakan model rambut seperti ini. Para idola muda seperti Andika eks- Kangen Band dan Justin Biebermemakai rambut model ini di beberapa kesempatan.

Gaya Emo adalah salah satu gaya yang menggunakan poni lempar sebagai ikonnya. Namun ternyata memakai gaya rambut model poni lempar ternyata memiliki risiko. Membiarkan poni menutupi satu mata dalam jangka panjang ternyata dapat membuat mata rusak.

Andrew Hogan, seorang ahli kaca mata (optometrist) dari Australia mengatakan bahwa membiarkan poni menutupi satu mata terus menerus menyebabkan mata tidak dapat melihat banyak detail. Bila hal ini dibiarkan sejak usia muda, mata bisa menjadi amblyopic.

Amblyopia disebut juga dengan lazy eye, yakni kondisi di masa anak-anak dimana salah satu mata penderita tidak dapat melihat jelas seperti mata yang lainnya. Hal ini menyebabkan satu mata bergantung pada mata yang lainnya. Gangguan ini biasanya terjadi saat mata masih dalam masa perkembangan.

Model polem membuat poni menjadi alat penutup mata yang membuat kondisi rabun dekat karena membatasi cahaya dan rangsangan yang masuk ke mata. Apabila seseorang berjalan dengan mata tertutup sepanjang hari, hal ini akan menyebabkan penglihatan di mata tersebut menjadi lebih buruk dari mata yang satunya.

Hogan menambahkan bahwa penglihatan seseorang bisa terpengaruh dengan kondisi ini walaupun masa perkembangan penglihatan adalah pada masa anak lahir hingga mencapai usia tujuh tahun.

Ahli amblyopia lain, Dr Leonar Press, mengatakan bahwa ia tidak sepakat dengan pendapat Andrew Hogan. Ia mengatakan bahwa cerita mengenai pengaruh polem itu bisa terjadi pada orang muda namun tidak mungkin seseorang akan menutup sebelah matanya terus menerus selama 24 jam dan tujuh hari dalam seminggu.

Menurut Dr Press, setelah masa perkembangan penglihatan selesai, menyisir rambut yang membuat pandangan terhalang tidak akan membuat masalah pada penglihatan karena masa perkembangan sudah selesai. Model rambut yang kini trendi ini tidak akan membuat potensi kerusakan jangka panjang pada mata.

Penata rambut terkenal dari Australia menyatakan pendapat lain yang juga berhubungan dengan kesehatan. Ia mengatakan bahwa potongan ini akan membuat leher jadi lebih mudah pegal karena potongan poni lempar membuat seseorang jadi cenderung sering memiringkan kepalanya. (GT)

Comment di sini