Demo Buruh 12 Juli: Ribuan Pekerja Serbu Jakarta

by
July 12th, 2012 at 1:47 pm

Republika

Jakarta (CiriCara.com) – Sekitar ribuan masa yang merupakan para pekerja atau buruh sudah mulai terlihat di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat sejak pukul 10.30 WIB Kamis (12/7/2012) hari ini. Mereka melakukan aksi unjuk rasa untuk menuntut kesejahteraan buruh.

Para buruh juga menuntut kenaikan upah minimum pekerja yang ditetapkan oleh pemerintah. Mereka juga meminta pemerintah untuk menolak adanya sistem kerja outsourcing atau kerja kontrak.

Rencananya, elemen buruh se-Jababeka itu juga akan menyerbu gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kemenakertrans, dan juga Istana Negara. Saat ini konsentrasi masa berkumpul di Bundaran HI untuk menunggu buruh yang belum sampai di lokasi.

Sementar itu, Menakertrans Muhaimin Iskandar mempersilakan para buruh untuk berunjuk rasa. Ia tidak akan melarang para buruh untuk menyampaikan aspirasinya kepada pejabat pemerintah selama masih tertib dan tidak anarkis.

“Silakan jika ingin berdemo, yang pasti pemerintah terus berupaya memperbaiki kesejahteraan pekerja,” katanya saat dimintai tanggapan mengenai aksi demo yang berlangsung, Kamis (12/7/2012) hari ini.

Menurut Muhaimin, pemerintah saat ini tengah melakukan perundingan dengan berbagai pihak terkait. Nantinya perundingan yang juga diikuti oleh serikat pekerja atau buruh dan masyarakat itu akan dijadikan masukkan untuk perbaikan nasib pekerja.

Sementara itu, sebanyak 50.000 buruh telah bersiap untuk melakukan aksi unjuk rasa di Jakarta. Menurut Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, aksi demo ini bertujuan untuk menyadarkan kepedulian pemerintah terhadap nasib buruh.

“Aksi ini sebagai salah satu cara membuat mata pemerintah bahwa pekerja atau buruh belum sejahtera, di antaranya karena upah yang diterima belum memadai,” katanya.

Selain di Jakarta, rencana unjuk sikap ini juga akan dilakukan di beberapa wilayah industri lainnya. Mereka mengancam akan melakukan aksi serupa di Bekasi, Purwakarta, dan Cikarang.

Sementara itu, akibat aksi unjuk rasa di Bundaran HI, sejumlah ruas jalan mengalami kemacetan. Diantaranya adalah lalu lintas di Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin, keduanya mengalami macet total.

Sebanyak 8 ribu lebih personel polisi sudah disiagakan untuk melakukan pengamanan. Pengamanan akan dibagi di tiga titik terjadinya aksi demo tersebut. (YG)

Comment di sini