Harta Karun Ditemukan di Lokasi Perang Salib

by
July 12th, 2012 at 5:21 pm

Global Post

Herzliya (CiriCara.com) – Pada hari Rabu (11/7) kemarin, sekelompok arkeolog Israel menyatakan bahwa mereka berhasil menemukan harta karun berupa koin emas berumur 1.000 tahun di sekitar lokasi terjadinya Perang Salib.

Koin-koin kuno ini berjumlah 108 keping dengan berat 400 gram. Koin tersebut ditemukan di dalam sebuah kendi keramik di bawah lantai bangunan Kastil Arsuf yang berjarak 15 km dari ibukota, Tel Aviv.

Pada abad ke-12 hingga 13, wilayah ini menjadi saksi pecahnya Perang Salib. Kastil Arsuf adalah lambang kejayaan Raja Inggris pada masa itu, yakni Raja Richard I yang dijuluki si Hati Singa (Lion Heart) karena keberaniannya dalam perang  melawan Saladin, pemimpin tentara Muslim.

Penemuan koin bersejarah ini dirasa sangat janggal karena pada zaman dulu, para tentara yang berperang belum memiliki banyak emas.

“Ini penemuan yang langka. Kami tidak memiliki banyak emas yang dibawa oleh tentara Perang Salib,” ungkap seorang dosen Universitas Tel AvivOren Tal.

Oren Tal yang juga memimpin penggalian mengatakan bahwa koin ini diduga milik ksatria Hospitaller atau yang dikenal dengan nama Ordo Hospitaller. Para ksatria ini dahulu mendiami Kastil Arsuf.

Tetapi perkataan tersebut hanya merupakan spekulasi. Para peneliti akan melakukan penelitian lebih lanjut lagi untuk mengungkap misteri harta karun Perang Salib lewat penelitian sejarah abad ke-12 dan 13. Para peneliti memperkirakan penelitian akan berlangsung selama enam bulan ke depan.

Koin-koin tersebut akan diteliti lebih mendalam untuk mengetahui seberapa besarnya interaksi ekonomi yang terjadi pada masa itu di  wilayahIsrael dan sekitarnya.(YK)

Reuters

Comment di sini