Kerang Ternyata Punya “Lidah” Maha Besar [Video]

by
July 12th, 2012 at 9:19 am

YouTube/Daily Mail

CiriCara.com – Umumnya, semua orang tahu kalau kerang adalah hewan laut yang dapat dijadikan hidangan laut yang lezat di meja makan. Hewan ini termasuk hewan lunak (moluska) yang terlindungi oleh cangkangnya.

Keunikan hewan laut ini adalah dia memiliki kaki yang berbentuk pipih mirip dan besar seperti lidah yang sesekali dipergunakannya untuk menyerap air dari pasir atau untuk menggali. Seringkali, kerang mengeluarkan kakinya dengan cara tiba-tiba.

“Lidah” hewan ini rupanya membuat heboh lebih dari 200.000 orang pengguna YouTube yang menyaksikan video rekaman yang berisi aksinya tengah menjilat garam dapur yang berserakan di meja.

Beberapa orang yang sudah menyaksikan video ini mengira bahwa video ini hanyalah rekayasa si pengunggah video dengan membuat efek pada video tersebut.

Namun, beberapa orang lainnya dapat langsung mengetahui bahwa yang keluar dari dalam cangkangnya itu bukanlah lidah melainkan kakinya, karena sebenarnya kerang tidak memiliki lidah.

Hal senada diungkapkan oleh Miriam Goldstein, seorang lulusan ilmu kelautan dari Institut Kelautan Scripps. Miriam mengatakan bahwa kerang di dalam video sebenarnya ingin mencoba menggali seperti yang biasa dilakukannya jika berada di pasir pinggir pantai. Namun, kerang itu tidak tahu kalau dia berada di atas meja dan di sekitarnya hanya terdapat taburan garam.

Ketika kerang tersebut menarik kakinya dan tidak mengeluarkan untuk kali yang berikutnya, itu menandakan bahwa dia tidak suka dengan garam. Mungkin rasa asin pada garam menyakiti organ lunaknya tersebut.

Jadi, ini bukanlah video rakayasa buatan seseorang, tapi ini adalah aktivitas nyata yang biasa dilakukan kerang di pinggir pantai, yang mungkin jarang kita lihat.

Berikut video unik kerang ber-”lidah” tersebut.

(YK)

Daily Mail

Comment di sini