Makanan dan Minuman Enak Ini Memicu Uban

by
July 12th, 2012 at 3:30 pm

CiriCara.com – Memiliki rambut yang memutih jelas menjadi masalah tersendiri bagi kebanyakan orang. Rambut putih identik dengan usia yang telah lanjut sehingga mereka yang masih muda sering merasa kehilangan rasa percaya diri.

Orang yang telah lanjut usia pun rela mengecat rambut mereka menjadi berwarna gelap agar tak tampak tua. Mungkin, mereka berpikir ketika berkaca dengan rambut yang memutih, mereka merasa tidak lagi muda dan semangat pun memudar.

Seorang ahli medis, Mark Rosenberg, M.D, mengatakan bahwa rambut putih bukan hanya karena proses penuaan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kurangnya antioksidan dan magnesium di dalam tubuh. Oleh karena itu, meningkatkan konsumsi zat yang dapat membantu memberikan nutrisi pada rambut dapat menjadi salah satu hal yang dapat mencegah munculnya uban.

Seperti yang diungkap Rosenberg bahwa penyebab munculnya uban adalah kekurangan nutrisi, maka makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Hindari makanan dan minuman di bawah ini bila tidak ingin uban muncul saat usia masih muda:

1. Kafein


Minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi bisa membuat rambut putih muncul di kepala. Hal ini disebabkan karena kafein dapat membuat tubuh kekurangan magnesium.

2. Makanan manis


Makanan manis yang mengandung gula tinggi bisa membuat tubuh kekurangan magnesium. Jangan terlalu banyak mengonsumsi kudapan manis seperti pastry, pai, cake dan lain sebagainya. Kandungan gulanya yang tinggi dapat membuat magnesium ikut dikeluarkan dari dalam tubuh melalui ginjal.

3. Soda


Minuman soda yang diminum setiap hari atau rutin seminggu sekali bisa membuat tubuh kekurangan magnesium. Soda mengandung fosfor sehingga akan mengikat magnesium dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Makanan dan minuman manis yang tentu saja enak dinikmati itu ternyata bisa menjadi penyebab munculnya uban. Namun, kita tidak perlu berhenti mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Cukup kurangi porsinya sehingga kesehatan rambut tetap terjaga.

Comment di sini