Pakar Keamanan Internet Temukan Kelemahan Instagram

by
July 12th, 2012 at 1:30 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Seorang peneliti keamanan Internet berkebangsaan Spanyol baru saja menemukan sebuah celah di Instagram yang ia sebut sebagai “Friendship Vulnerability”.

Melalui kelemahan tersebut, setiap orang dapat menambahkan diri mereka dalam daftar teman seorang pengguna. Dengan begitu, maka orang tersebut akan mampu untuk melihat semua gambar yang telah diatur sebagai privasi beserta informasi profil pengguna tersebut.

Pria bernama Sebastian Guerrero itu menyalahkan kekurangan kontrol dalam algoritma yang diterapkan instagram di fitur otorisasi. Dia menjelaskan bahwa aplikasi iPhone maupun Android terpengaruh oleh kelemahan pihak lain. Ia juga menambahkan bahwa seseorang bisa saja masuk secara paksa ke dalam daftar teman seseorang dan mencuri semua koleksi foto pribadi mereka.

Sebagai contoh, Guerrero telah menambahkan dirinya ke dalam daftar teman Mark Zuckerberg. Seperti dikutip dari Zdnet, Guerrero kemudian mengirimi Zuckerberg sebuah pesan yang mengucapkan selamat atas akuisisi facebook terhadap Instagram.

“Selamat Mark atas akuisisi Instagram. Kapan bisa memulai program perbaikan “bug”?

Guerrero mengaku telah menghubungi pihak Instagram dengan cara menghubungi Facebook– yang mengakuisisi Instagram– besarta rincian celah yang ia temukan dan kini Instagram tengah memperbaikinya.

Untuk sementara, jika kamu pengguna Instagram, pastikan untuk tidak mengunggah gambar yang bersifat sensitif atau pribadi. Hal tersebut juga sudah merupakan peraturan umum: Jangan pernah mengunggah gambar pribadi yang membuatmu merasa tidak nyaman jika orang lain melihatnya. (dd)

Comment di sini