Pilkada DKI: DPT Berantakan, Putaran II Tak Ada Pembaruan

by
July 12th, 2012 at 2:28 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Ratusan warga DKI Jakarta yang tidak dapat memilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) putaran I masih harus menunggu 5 tahun lagi untuk bisa berpartisipasi memilih pemimpin DKI Jakarta selanjutnya. Pasalnya, pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta telah memutuskan bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak akan diperbarui.

Hal tersebut dikarenakan peraturan KPU nomor 12 tahun 2010 yang menyebutkan bahwa tidak ada pemutakhiran DPT untuk putaran kedua, seperti yang dikatakan Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemungutan dan Penghitungan Suara KPU DKI, Sumarno, Kamis (12/7). Ia menyampaikan hal tersebut di kantornya di Jakarta.

Tapi, bagi warga DKI yang ingin memperjuangkan hak pilihnya, KPU DKI tidak akan menutup mata terhadap laporan masyarakat. Mereka berjanji untuk mencari payung hukum agar warga yang tidak bisa memilih di Pilgub putaran I bisa menggunakan hak pilihnya di Pilgub putaran II.

Sumarno juga menambahkan bahwa meskipun tidak ada pemutakhiran DPT, jumlah pemilih akan meningkat pada Pilgub putaran II nanti. “Hampir dipastikan naik,” ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Pilgub DKI Jakarta 2012 putaran II akan dilaksanakan pada 20 September. Penyelenggaraanya akan serupa dengan putaran I, yang membedakan adalah pesertanya hanya dua pasangan yaitu Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama.

Untuk mengetahui tahapan-tahapan pemilihan gubernur putaran II, KPUD DKI telah merilis jadwal yang bisa dilihat di sini. (dd)

Comment di sini