Berebut Tumpahan Minyak, Puluhan Warga Nigeria Tewas

by
July 13th, 2012 at 2:12 pm

(AFP/Getty)

Rivers (CiriCara.com) – Sebuah tangki pembawa bahan bakar minyak (BBM) mengalami kecelakaan. Namun, saat ratusan warga berkerumun dan berebut minyak yang tumpah, tiba-tiba ledakan terjadi dan menewaskan puluhan warga.

Seperti dilansir BBC, insiden tersebut terjadi di desa Okogbe, Rivers, Nigeria pada Kamis (12/7). Warga mengerumuni sebuah tangki pembawa BBM yang mengalami kecelakaan dan menimpa kendaraan lain. Tidak ada kebakaran atau ledakan yang terjadi ketika warga berebut tumpahan cairan yang mudah terbakar tersebut. Naas, ketika warga semakin banyak berdatangan, ledakan justru terjadi.

Tak pelak, ledakan tersebut pun merenggut banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan diri. Pihak berwenang di Nigeria menyebutkan bahwa 95 jenazah telah berhasil dievakuasi. Mereka juga masih mencari jenazah lain yang kemungkinan terhempas jauh oleh ledakan. Sementara itu, 35 orang yang selamat segera dilarikan ke rumah sakit.

Seorang juru foto asal Prancis menuturkan bahwa kebanyakan korban merupakan pengendara sepeda motor dan taksi. Mereka ketika itu berebut mengambil tumpahan minyak dan memasukannya ke dalam kendaraan mereka.

Kejadian tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak kepolisian. “Pagi ini sebuah tangki yang membawa minyak jatuh di Okogbe dan warga berhamburan ke lokasi untuk mengambil tumpahan minyak dan tiba-tiba percikan api yang menjadi penyebabnya,” ujar Ben Ugwuegbulam, juru bicara kepolisian setempat kepada Reuters.

Di Nigeria yang merupakan salah satu negara penghasil minyak, kejadian serupa juga pernah terjadi beberapa tahun lalu. Ketika itu, ribuan warga tewas ketika mengambil minyak dari pipa penyalur bahan bakar yang bocor. (dd)

Comment di sini