CiriCara: Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa

by
July 13th, 2012 at 5:10 pm

CiriCara.com - Kue dadar gulung adalah kue yang enak dilidah dan berbentuk mirip bantal guling. Selain rasanya manis, kulit kue dadar gulung ini terasa kenyal saat digigit. Jadi saat Anda memakannya, semua bagian mulut akan bergerak. Penasaran ingin mencobanya?

Kue dadar gulung bisa dibuat dengan beberapa macam isi. Kali ini kita akan belajar membuat kue dadar gulung isi kelapa. Selain manis, kue dadar gulung isi kelapa ini akan terasa gurih di lidah. Langsung saja lihat cara membuatnya.

Resep Dadar Gulung Isi Kelapa

Bahan kulit:
- 1 butir telur, dikocok lepas
- 50 ml air daun suji (untuk pewarna hijau)
- 150 gr tepung terigu
- 350 ml liter santan
- ¼ sdt garam
- Jika tidak ingin susah membuatnya, Anda bisa membeli kulit yang sudah jadi.

Bahan isi:
- 100 gr gula merah (gula jawa), disisir halus
- 2 lembar daun pandan
- 200 gr kelapa parut kasar
- ¼ sdt garam
- 150 ml air

Cara membuat:
- Buat kulit dadar gulung: campurkan tepung terigu dan garam, aduk sampai rata. Masukkan telur, santan dan air daun suji, aduk terus sampai tercampur rata. Tuangkan adonan sedikit demi sedikit dan bentuk seperti lingkaran di wajan panas yang olesi mentega sedikit agar tidak lengket. Angkat dan tiriskan jika sudah matang.
- Buat isi: masak gula merah hingga leleh sambil diaduk-aduk dan tambahkan air secukupnya. Masukkan garam, daun pandan, dan kelapa parut kasar aduk sampai rata. Jika lengket bisa ditambah air lagi. Jika sudah tercampur rata, tiriskan.
- Buat dadar gulung isi kelapa: siapkan kulit dadar dan buka lebar. Taruh isi di tengah kulit dadar tersebut secukupnya saja. Gulung kulit dadar hingga menutupi semua isinya, lipat secara rapat agar isian tidak keluar. Lakukan terus sampai semua isi dan kulit dadar habis.
- Kue dadar gulung siap untuk dihidangkan.

Selamat mencoba! (YG)

Comment di sini