Indonesia Ikut Jadi Korban Bobolnya Yahoo! Voice

by
July 13th, 2012 at 11:07 am

Image Credit: Photos.com

Jakarta – (CiriCara.com) – Yahoo! Voices, sebuah produk Yahoo yang menjadi tempat berbagi informasi mengenai gaya hidup, diserang oleh peretas. Hasilnya, ratusan ribu nama pengguna beserta kata sandinya bocor. Tidak hanya itu, pelaku juga mempublikasikan nama dan sandi tersebut ke sebuah forum publik.

Secara resmi Yahoo telah mengonfirmasi kebocoran tersebut dan meminta maaf. Kini, Yahoo sedang sedang berusaha memperbaikinya celah yang dimanfaatkan peretas tersebut. Menurut mereka, data yang berhasil dicuri peretas merupakan data lama yang disimpan di Yahoo! Contributor Network. Mereka juga menganjurkan para penggunanya untuk mengganti kata sandi mereka.

Masalah lain terkait bobolnya pusat data Yahoo tersebut adalah akun yang berhasil dibajak bukan hanya akun Yahoo. Banyak pengguna Yahoo! Voice yang mendaftar atau melakukan log in menggunakan akun Gmail, AOL, MSN, dan lain-lain.

Menurut analisis sebuah perusahaan kemanan Sucuri, ada 135. 599 akun Yahoo, 106.185 akun Gmail, 24.677 AOL, 8.422 akun Comcast, dan 6.282 akun MSN. Mereka menambahkan bahwa banyak dari akun-akun tersebut menggunakan kata sandi yang tidak aman. 1.666 orang menggunakan sandi “123456″ sedangkan akun lain juga banyak yang menggunakan kata “password” atau nama depan mereka sebagai kata sandi.

Sementara itu, dari ratusan ribu akun yang dibajak, diketahui bahwa ratusan di antaranya merupakan warga Jakarta. Menurut pantauan analisis antivirus Alfons Tanujaya, sekitar 475 akun asal Indonesia ikut menjadi korban bobolnya Yahoo! Voice tersebut. (dd)

Comment di sini