Pasangan Tuna Wisma di Brazil Menjadi Pahlawan Kebenaran

by
July 13th, 2012 at 2:09 pm

Carlos Barretta/Folhapress/Huffington Post

Sao Paulo (CiriCara.com) –  Sepasang suami istri tuna wisma Brazil mau berbuat jujur ketika menemukan tas berisi uang 20.000 Real Brasil atau sekitar Rp 900 juta dengan melaporkan penemuan tersebut kepada pihak kepolisian.

Pasangan tunawisma Rejaniel Santos dan Sandra Domingues menemukan “harta karun” itu di dekat stasiun kereta api di Sao Paulo setelah menyelidiki kenapa alarm sebuah toko berbunyi nyaring.

Pasangan suami istri yang tinggal di bawah jalan layang ini sama sekali tidak berniat membawa pulang uang itu. Walaupun penghasilan mereka hanya 7 dollar Amerika (Rp 63.000) per hari dari memungut dan mengolah sampah, mereka lebih memilih untuk menyerahkan tas tersebut ke pihak berwajib.

Seperti diungkapkan Santos kepada Globo TV, dia selalu mencontoh ibunya yang tidak pernah mengambil barang milik orang lain. Santos yang telah kehilangan kontak dengan keluarganya berharap sang ibu melihat ia tampil di televisi sehingga beliau tahu bahwa dirinya tetap merupakan salah satu manusia yang jujur di dunia.

Polisi langsung mencari tahu pemilik asli tas tersebut dengan cara menyelidiki kuitansi pembeliannya. Ternyata tas itu berisi uang hasil curian yang diambil dari salah satu restoran Jepang yang melaporkan pencurian seminggu sebelumnya.

Pahlawan kebenaran ini pun akhirnya menerima hadiah penghargaan dari restoran Jepang tersebut.

Tindakan yang patut ditiru oleh semua orang. Kehidupan yang sulit serta keadaan keuangan yang mendesak tidak seharusnya menjadi alasan untuk mengambil uang yang sebenarnya bukan miliknya. (YK)

Huffington Post

Comment di sini