10 Lembaga Negara Paling Korup di Indonesia

by
July 16th, 2012 at 1:45 pm

Tetra Images / Getty Image

Jakarta (CiriCara.com)Negara berpotensi dirugikan belasan triliun akibat pengelolaan uang yang buruk dan tidak sesuai rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Data tersebut didapatkan dari hasil analisis Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) terhadap hasil audit BPK tahun 2008-2010.

Dalam sebuah diskusi di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta pada Minggu 15 Juli, Maulana, yang menjabat sebagai Direktur Riset Sekretariat Nasional di Fitra,  mengatakan bahwa mereka menemukan potensi kerugian negara sebesar RP16.4 triliun di 83 Kementerian atau Lembaga Negara. Dari potensi jumlah kerugian tersebut, Kejaksaan Agung dinilai berpotensi merugikan negara dengan jumlah yang paling besar.

“Apabila di-ranking dari 1 hingga 10, Kejaksaan Republik Indonesia menempati urutan pertama kementerian atau lembaga negara yang
berpotensi terkorup dan merugikan negara.” ujar Maulana seperti dikutip dari Tempo.

Di Kejaksaan Agung itu sendiri negara berpotensi merugi sekitar Rp5.4 triliun yang disebabkan oleh kurangnya ketegasan dalam mengeksekusi uang rampasan dari terpidana korupsi serta kurangnya akuntabilitas dalam tata kelola keuangan. Menurut Maulana, banyak harta koruptor yang tidak dikembalikan ke negara meskipun harta tersebut diperoleh dari hasil korupsi yang merugikan negara. Maulana juga menilai bahwa ada potensi korupsi atau kerja sama antara Kejakgung dengan terpidana korupsi yang tidak ingin hartanya dikembalikan ke negara.

Selain Kejakgung, Kementerian Keuangan juga berpotensi merugikan negara dalam jumlah yang besar. Kementerian ini berpotensi merugikan negara sebesar 5.3 triliun yang disebabkan oleh kurangnya pertanggungjawaban atas anggaran yang digunakan negara.

Berikut ini adalah 10 di antara 83 Kementerian dan Lembaga Negara yang berpotensi korup dan paling merugikan negara:

1. Kejaksaan Agung (Rp5,433 triliun)
2. Kemenkeu (Rp5,359 triliun)
3. Kemendikbud (Rp3,335 triliun)
4. Kemenkes (Rp332,8 miliar)
5. Kementerian ESDM (Rp319,1 miliar)
6. Kemenhut (Rp163,5 miliar)
7. Kemensos (Rp157,8 miliar)
8. Kementerian Agama (Rp119,3 miliar)
9. Kemenpora (Rp115,4 miliar)
10. Kemenkoinfo (Rp102,4 miliar)

(dd)

Comment di sini