7 Kata Keramat Dalam Percintaan

by
July 16th, 2012 at 3:15 pm

(CiriCara.com) – Dalam menjalin suatu hubungan, komunikasi merupakan hal terpenting agar hubungan menjadi awet dan selalu harmonis.

Guy Grenier, seorang psikolog asal Inggris, membeberkan 7 kata keramat saat berkomunikasi dengan kekasih.

Ini dia daftarnya:

 

1. Kamu
2. Tidak pernah
3. Mengapa
4. Kami
5. Semua orang
6. Seharusnya
7. Harus

Menggunakan kata “kamu” dalam kalimat biasanya bisa membuat pasangan merasa disalahkan. Oleh karena itu, gunakan kata “aku atau saya” agar pasangan tidak merasa disalahkan. Jika sedang berusaha menyelesaikan masalah setelah sebuah pertengkaran, kamu bisa mulai dengan membicarakan apa yang kamu rasakan saat itu.

Saat berbicara ungkapkan perasaan kamu. Memilih pasangan bukan karena fakta yang ada namun karena perasaan yang dimiliki satu sama lain. Mengulang kejadian yang membuat sakit hati tidak akan membantu menyelesaikan masalah apapun. Cobalah untuk fokus pada apa yang kamu rasakan saat kejadian yang membuat kalian bermasalah itu berlangsung.

Jangan berharap menggunakan kata “selalu” atau “tidak pernah” bisa membantu menyelesaikan konflik. Saat kamu memulai dengan perkataan seperti ini, pembicaraan akan menjadi debat yang tidak pernah selesai.

Kata yang tabu untuk diucapkan saat berusaha mengakhiri konflik dengan pasangan adalah “seharusnya”. Kata ini tidak boleh diucapkan saat kamu sedang membicarakan diri sendiri atau saat membicarakan tentang pasangan. Sebagai gantinya, gunakan kata “seandainya”.

Agar pembicaraan berjalan lancar, simak tips berikut ini:

1. Komunikasi yang baik itu dipelajari

Jangan menganggap bahwa kamu sudah menguasai teknik komunikasi. Mempelajari teknik berkomunikasi dalam suatu hubungan itu perlu karena kemampuan ini tidak datang secara tiba-tiba atau merupakan bakat alami. Teknik yang bekerja untuk anak-anak juga akan berhasil pada orang dewasa. Apabila kedua orang tua berhasil menjalin komunikasi dengan pasangannya, mereka juga akan berhasil dalam mendidik anak mereka.

2. Komunikasi bertujuan

Kamu dan pasangan bisa saja berbicara untuk mencari solusi bagi masalah yang sedang dihadapi. Saat seperti ini biasanya menjadi lebih mudah karena ada tujuan yang akan dicapai saat berkomunikasi atau berdiskusi sehingga pembicaraan menjadi fokus.

3. Jangan coba-coba

Cara berkomunikasi yang efektif sudah ditemukan sehingga kamu tidak perlu lagi mencoba cara atau teknik berkomunikasi yang lain. Masalah yang dihadapi bisa makin besar dan tidak selesai.

Berkomunikasi atau berbicara dengan pasangan ternyata ada caranya. Bila ingin hubungan tetap awet dan selalu harmonis, perhatikan cara berkomunikasi yang benar di atas sehingga semua masalah bisa diselesaikan.(GT)

Comment di sini