7 Tanda Kedatangan Bulan Ramadhan

by
July 16th, 2012 at 1:10 pm

CiriCara.com - Kedatangan bulan suci Ramadhan 1433 Hijriah atau 2012 tinggal hitungan hari. Seluruh umat Islam di dunia dan Indonesia akan menjalankan ibadah puasa untuk mendapatkan pahala. Mau tahu apa tanda menjelang Ramadhan?

Setiap kali bulan suci Ramadhan akan datang, banyak sekali tanda-tanda yang muncul. Tanda ini bisa dilihat dengan kasat mata. Mau tahu seperti apa tanda-tandanya?

Berikut tanda-tanda menjelang Ramadhan:

1. Artis pakai jilbab

Tanda menjelang Ramadhan yang pertama adalah artis mulai memakai jilbab. Jika biasanya mereka selalu tampil terbuka dan tidak memakai jilbab, para artis akan berubah jadi lebih alim. Biasanya mereka mengubah penampilan karena menghormati, namun ada juga yang rela menutup rapat-rapat aurat selama sebulan penih agar tetap dapat kerjaan.

2. Sinetron religi bermunculan

Tanda menjelang Ramadhan berikutnya adalah mulai muncul sinetron bernuansa religi. Menjelang Ramadhan, kamu pasti akan melihat banyak sinetron yang bercerita soal agama. Contohnya, Mihrab Cinta dan Para Pencari Tuhan.

3. Iklan bernuansa sahur & buka muncul

Tanda menjelang Ramadhan selanjutnya adalah muncul iklan sahur dan buka puasa. Biasanya iklan ini dibuat oleh operator telekomunikasi dan juga sejumlah produk makanan atau minuman. Ini adalah cara mereka untuk meningkatkan penjualannya.

4. Band mengeluarkan singel berbau Ramadhan

Jika ada band yang mengeluarkan singel religi, itu tanda kalau Ramadhan akan datang. Sejumlah band papan atas Indonesia pasti akan mengeluarkan lagu religinya. Dengan lagu religi ini mereka bisa tetap manggung dan bernyanyi meski memasuki bulan Ramadhan.

5. Muncul pedagang makanan ringan dadakan

Di bulan suci Ramadhan banyak sekali orang yang kelaparan karena telah menjalankan puasa. Itulah sebabnya banyak yang memanfaatkannya untuk berjualan makanan ringan. Baik itu di pinggiran jalan atau depan rumah. Padahal mereka dulunya bukan pedagang.

6. Harga-harga naik

Sudah menjadi hal yang umum jika harga pada naik menjelang Ramadhan. Karena permintaan pasar meningkat, otomatis pedagang juga menaikkan harga dagangannya. Kalau harga sudah naik, itu artinya Ramadhan mau datang.

7. Antrean di stasiun meningkat

Bulan Ramadhan tidak hanya identik dengan puasa, di Indonesia Ramadhan sering dikaitkan dengan mudik. Karena tidak mau kehabisan tiket untuk mudik, maka setiap Ramadhan datang mereka akan mengantre di stasiun untuk dapat tiket.

Itulah tanda-tanda yang sering muncul menjelang bulan suci Ramadhan. Jadi, jangan heran jika sekarang di televisi kamu mulai banyak pengajian atau tayangan religi lainnya. Karena itu adalah tanda kalau Ramadhan datang, jadi bergembiralah. (YG)

Comment di sini