Aturan Puasa bagi Ibu Hamil

CiriCara.com – Bulan puasa sebentar lagi akan datang. Umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa. Bagaimana para ibu yang sedang hamil? Banyak yang mengkhawatirkan dampak pola makan yang berubah pada kesehatan jabang bayi.

Tidak usah takut dengan anggapan seperti itu karena penelitian menyebutkan bahwa puasa memberikan efek yang baik bagi ibu yang sedang hamil asal ibu selalu sehat dan menjaga pola makan dengan menu yang sehat dan seimbang.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan kemang Medical Care, Febriansyah Darus, mengatakan bahwa puasa mampu membantu ibu membakar lemak yang tidak diperlukan oleh tubuh. Dokter Febri menjelaskan bahwa perubahan makan dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari sering membuat ibu hamil was-was.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang berpuasa memiliki risiko melahirkan bayi yang berbobot rendah. Namun dokter Febri mengungkapkan bahwa risiko ini muncul pada ibu hamil yang memiliki pola diet dan makan yang tidak benar.

Penelitian lain menemukan bahwa puasa saat berada di bulan pertama kehamilan bisa mengakibatkan berat badan bayi menurun. Tetapi berat badan bayi hanya akan turun sebanyak 40 gram sehingga tidak akan membawa efek buruk pada kesehatan bayi.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ibu berpuasa memang ada perubahan kimia dalam darah namun tidak akan memberi efek buruk pada kesehatan bayi maupun ibu.

Ibu hamil biasanya mengalami perubahan suasana hati yang disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Ini akan membuat gejala hamil jadi muncul seperti muntah, mual dan nafsu makan bertambah atau hilang.

Kendala seperti ini memang sering muncul namun tidak perlu membatalkan puasa karena merupakan masalah biasa bagi ibu hamil. Apabila masalah serius muncul seperti kontraksi yang terlalu sering sekitar empat kali dalam satu jam, pendarahan, penglihatan kabur atau buram, merasa sangat lemas, otot menegang, gerak janin berkurang dan pusing yang sangat, puasa harus segera dibatalkan.

Saat puasa, ibu hamil harus mengasup makanan bergizi, dan istirahat yang cukup serta menjauhi stres. Kebutuhan gizi ibu hamil dan wanita biasa memang berbeda. Ibu hamil harus banyak mengonsumsi susu dan makanan yang mengandung protein dua kali lebih banyak daripada biasanya.

Nutrisi pada malam hari juga sangat penting oleh karena itu makan makanan berserat dan air putih yang banyak sangat dianjurkan. Mengurangi makanan manis, minuman manis, kafein dan air dingin saat berbuka puasa akan membuat ibu dan bayi sehat.(GT)


comments powered by Disqus