CiriCara: Cara Efektif Menghukum Anak Tanpa Memukul

by
July 16th, 2012 at 8:51 am

CiriCara.com – Anak memang memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar sehingga membuat mereka usil dan nakal. Ada juga kenakalan yang timbul karena mencari perhatian dari orang tuanya.

Hal seperti ini memang kerap kali membuat orang tua kerepotan. Orang tua yang emosi akhirnya memukul si anak padahal memukul anak menimbulkan efek psikologis yang buruk. Agar terhindar dari kemungkinan terburuk saat buah hati tumbuh dewasa kelak, berikut adalah alternatif hukuman untuk anak jera selain hukuman fisik:

1. Introspeksi diri

Saat anak sangat nakal, sebagai orang tua Anda juga berhak marah dan wajib marah apabila anak melakukan hal yang tidak seharusnya. Hukum dia agar memikirkan apa yang telah ia lakukan di tempat yang sunyi selama beberapa menit saja. Minta ia untuk mengintrospeksi diri. Ia akan belajar menemukan kesalahannya sendiri.

2. Bagikan pengetahuan

Anak memang memiliki pengetahuan yang terbatas sehingga mereka cenderung sering melakukan hal yang salah. Oleh karena itu sebagai orang tua Anda harus membagikan pengetahuan kepada mereka. Sebagai contoh, saat anak bermain dengan peralatan dapur yang tajam. Jangan langsung mengambil alat tersebut sambil membentaknya, tetapi dekati dia pelan-pelan, ambil alat dan berikan penjelasan bahwa alat tersebut bukan untuk mainan, tetapi untuk memasak.

3. Menyita barang kesukaan

Apabila anak nakal hingga menyebabkan kerusakan namun ia masih tidak mau berhenti walaupun seudha ditegur berkali-kali, bertindaklah dengan tegas. Tegas di sini tidak berarti harus mengayunkan tangan. Sitalah barang favorit anak lalu minta dia untuk meminta maaf dan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Dengan begitu, ia bisa belajar menghargai barang milik orang lain.

4. Pengurangan waktu main

Menghukum anak dengan melarang mereka untuk bermain di luar rumah adalah salah satu cara agar ia belajar untuk menghargai waktu. Metode ini bisa dilakukan bila anak melanggar jam belajr, makan siang atau lupa waktu sehingga segala sesuatunya terabaikan. Cara ini juga akan membantu anak agar menjadi lebih bertanggung jawab.

Cara-cara di atas efektif untuk menimbulkan efek jera pada anak. Tinggalkan cara menghukum dengan memukul karena efek yang ditimbulkan pada anak sangat buruk. Anak bisa mengalami trauma sehingga ia pun mengidap gangguan psikologis. (GT)

Your Tango

Comment di sini