CiriCara: Cara Membuat Ayam Goreng Lebih Nikmat dari KFC

by
July 16th, 2012 at 9:45 am

CiriCara.com – Rahasia kelezatan ayam goreng Kentucky atau KFC (Kentucky Fried Chicken) sudah diketahui banyak orang. Resep rahasia yang ditemukan oleh Colonel Harland Sanders ini sudah mendunia.

Outlet KFC tersebar diseluruh penjuru dunia, begitu pula fried chicken tiruan yang menyerupai KFC, sudah menjamur di pinggiran jalan Jakarta. Pastinya outlet KFC abal-abal ini tidak menyajkan ayam goreng seenak aslinya.

Namun, seorang pemilik restoran Commerce Kitchen di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat menemukan resep ayam goreng hasil kreasinya sendiri yang dipandang lebih enak dari KFC. Dia adalah James Boyce, koki berbakat yang ahli dalam mengolah dan menyajikan masakan berbahan ayam.

Seperti inilah resep ayam goreng ala Boyce.

Bahan-bahan:
- 1 ekor ayam
- 250 gr tepung terigu
- 3 sdm garam
- 2 sdm lada bubuk
- 3 sdm bubuk paprika
- 1 sdm mustard kering
- 1 sdt bubuk jahe
- 1 sdt bubuk oregano
- 2 gelas krim susu
- Minyak sayur untuk menggoreng

Cara Membuat:
- Campurkan semua bahan kering seperti tepung terigu, garam, lada, paprika, mustard kering, bubuk oregano, dan bubuk jahe ke dalam satu wadah yang besar.

- Lumuri ayam yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong dengan krim susu. Setelah itu, masukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.

- Setelah 30 menit, tiriskan ayam dari krim susu tersebut, lalu balut ayam dengan campuran bahan kering. Pastikan semua bagian ayam tertutup dengan tepung tersebut.

- Panaskan wajan berisi minyak goreng secukupnya hingga mencapai suhu kira-kira 350 derajat.

- Setelah minyak tersebut sudah cukup panas, masukkan ayam yang sudah ditepungi tersebut, dan pastikan semua bagian ayam terendam oleh minyak.

- Tunggu hingga 8 atau 10 menit, maka ayam goreng itu akan berubah menjadi keemasan. Angkat ayam goreng tersebut, dan letakan pada tisu kertas untuk mengurangi minyak yang masih menyelimutinya.

- Setelah minyak mulai berkurang, maka ayam goreng tersebut siap untuk disajikan.

Itulah resep ayam goreng ala James Boyce. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah dan buktikan hasilnya. Apakah ayam goreng Boyce lebih nikmat dari KFC atau tidak? (YK)

Shine/Yahoo

Comment di sini