CiriCara: Cara Sehat Puasa Ramadhan

by
July 16th, 2012 at 10:21 am

CiriCara.com - Setiapkali bulan suci Ramadhan datang, umat Islam diseluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan puasa. Tujuan puasa itu sendiri adalah menyehatkan tubuh manusia. Namun, karena salah dalam pelaksanaannya, banyak orang yang sakit karena puasa.

Agar Anda tidak mudah sakit saat puasa, maka laksanakanlah puasa dengan benar. Ikuti semua aturan yang ada dengan baik dan benar. Anda juga bisa mengikuti cara agar tetap sehat saat puasa berikut ini:

1. Makan makanan yang mengandung ‘karbohidrat kompleks’

Untuk mengawali puasa, disunnahkan untuk makan Sahur dahulu. Saat makan sahur, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung ‘karbohidrat kompleks’ atau lambat untuk dicerna oleh tubuh. Ini bermanfaat untuk mengurangi rasa lapar di siang hari.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah beras (nasi), gandum (roti), dan kacang-kacangan. Selain itu, disarakan juga untuk mengkonsumsi susu, ikan, daging, sayur dan juga buah setelah makan. Ini akan menjaga tubuh tetap bertenaga.

2. Makan makanan manis saat Buka

Setelah seharian menahan lapar dan haus, tentu energi akan terkuras. Untuk memulihkan energi, disarankan untuk memakan makanan atau minuman manis saat berbuka puasa. Karena makanan yang mengandung gula sangat baik untuk mengembalikan energi. Makanan yang bisa dipilih adalah kurma, atau manisan lainnya.

3. Hindari makanan cepat saji dan berlemak

Saat berbuka puasa, hindari makanan cepat saji dan berlemak seperti gorengan. Jenis makanan ini bisa menyebabkan kegemukan dan gangguan pencernaan serta nyeri di ulu hati. Lebih baik makanlah makanan yang berserat dan bagus untuk tubuh.

4. Minum cukup air saat berbuka dan sahur

Untuk menghindari dehidrasi atau kehilangan cairan saat berpuasa, minumlah air yang cukup saat buka dan sahur. Asupan air yang cukup juga bisa bermanfaat untuk detoksifikasi sistem pencernaan saat berpuasa. Tapi ingat, hindari asupan kafein (kopi) berlebihan terutama saat sahur.

5. Lakukan olahraga ringan

Meski sedang berpuasa, bukan berarti Anda harus bermalas-malasan. Ada baiknya jika tetap melakukan olahraga namun dalam dosis yang ringan. Jangan terlalu banyak mengeluarkan keringat karena itu bisa membuat Anda semakin haus. Lakukanlah olahraga ringan seperti melakukan peregangan tubuh atau juga berjalan kaki. Ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dan tubuh bisa tetap bugar.

Sebelum Ramadhan 2012 datang, ada baiknya Anda melakukan persiapan untuk membiasakan diri menjelang puasa. Jadi, saat Ramadhan sudah tiba, tubuh Anda sudah siap untuk berpuasa. (YG)

Comment di sini