Gejala Penyakit Dilihat dari Telapak Tangan

by
July 16th, 2012 at 1:13 pm

CiriCara.com – Telapak tangan ternyata mampu memberikan beragam informasi yang tidak kita sadari. Informasi yang biasanya muncul adalah penyakit yang sedang menyerang tubuh. Apabila ada perubahan pada telapak tangan, sebaiknya kamu mulai waspada. Perhatikan tanda-tanda yang muncul di telapak tanganmu.

1. Bentuk kuku

Kuku jari tangan yang sehat biasanya lancip atau runcing pada ujungnya. Bila kuku kamu lancip di pangkal dan lebar di ujung sehingga bentuknya menyerupai sendok, kamu harus waspada karena ini berarti kamu sedang kekurangan zat besi atau mengalami anemia.

Apabila kuku membulat dan menggembung sehingga seperti sebuah bola, ini adalah tanda bahwa dalam tubuh kamu mungkin ada penyakit jantung atau kanker paru-paru.

2. Berkeringat

Telapak tangan bisa menjadi sangat berkeringat bila sedang panas atau gugup. Jika telapak tangan terus menerus berkeringat, hal ini harus diwaspadai karena bisa jadi ada masalah pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid menjadi terlalu aktif sehingga terjadi peningkatan metabolisme dan kalori pun terbakar terlalu cepat sehingga telapak tangan jadi berkeringat.

3. Kulit menjadi kering

Kulit kering bisa menjadi salah satu indikasi bahwa ada masalah pada kelenjar tiroidmu. Kelembaban pada kulit menghilang karena kelenjar tiroid kurang aktif. Kulit yang kering juga bisa disebabkan oleh menopause karena hormon estrogen yang menjaga kelembaban kulit berkurang. Alergi pada sabun dan kosmetik juga dapat menyebabkan kulit telapak tangan menjadi kering.

4. Warna kuku

Perhatikan warna pada kuku, saat kuku berwarna kuning bisa berarti ada masalah pada paru-paru. Jika kuku berwarna kuning kehijauan, bisa jadi kamu sedang diserang infeksi jamur. Kulit telapak tangan yang menjadi gelap adalah tanda munculnya psoriasis. Berkonsultasilah pada dokter sebelum menjadi semakin parah.

5. Bergetar

Apabila tangan bergetar secara berlebihan maka bisa dipastikan ada yang salah dengan tubuh kamu. Tangan yang bergetar bisa jadi adalah tanda munculnya Parkinson. Penyakit ini mempengaruhi sistem saraf. Walaupun begitu, stres, terlalu banyak mengonsumsi kopi dan alkohol serta ketakutan bisa menjadi sebabnya. Keadaan seperti ini juga diturunkan dalam riwayat keluarga.

6. Jari benjol

Benjolan yang muncul pada jari tangan perlu diwaspadai sebab bisa saja itu adalah gejala osteoarthritis. Hal ini disebabkan oleh persendiaan yang meregang sehingga munculah tulang baru.

Perhatikan enam perubahan yang muncul pada telapak tangan kamu. Bila salah satu gejala muncul, segera berkonsultasilah pada dokter sebelum penyakit menjadi tambah parah. (GT)