Inilah 10 Password Yahoo yang Mudah Dibajak

by
July 16th, 2012 at 10:27 am

Jakarta (CiriCara.com) – Seperti diberitakan sebelumnya bahwa nama pengguna serta password dari ratusan ribu akun Yahoo! Voice diretas dan disebarkan di sebuah forum publik. Dari ratusan ribu korban tersebut, ternyata ada banyak korban menggunakan password yang memang mudah untuk diretas oleh para hacker.

Seorang pengembang perangkat lunak bernama Adam Caudill menganalisis kejadian tersebut dan menemukan bahwa ada 10 kata yang paling sering digunakan oleh para pengguna Yahoo dan–tentu saja– mudah untuk diretas. Berikut 10 kata tersebut:

123456
password
welcome
ninja
abc123
123456789
12345678
sunshine
princess
qwerty

Caudill juga menyatakan bahwa kata-kata tersebut di atas juga sering digunakan sebagai sandi di semua akun seperti Twitter, Facebook, atau apapun. Namun, pria yang pertama menyadari bahwa Yahoo! Voice telah diretas tersebut juga menambahkan bahwa kata sunshine, princess dan qwerty masih tergolong tren baru dalam penggunaan kata sandi.

Hal tersebut tentu mengkhawatirkan mengingat Yahoo merupakan salah satu raksasa di dunia maya. Mereka mengaku bahwa data-data yang berhasil didapatkan para hacker tersebut merupakan data lama. Mereka juga telah meminta maaf terkait kejadian tersebut dan menghimbau agar para pengguna Yahoo mengganti semua password mereka.

Agar kejadian ini tidak menimpa Anda, ada baiknya untuk menghindari penggunaan 25 kata sandi yang paling mudah untuk ditebak atau gunakan kata-kata yang sulit untuk diretas. Jika anda ingin melindungi akun Facebook juga bisa mengikuti 5 langkah mudah untuk mencegah akunFacebook dibobol. (dd)

Comment di sini