Uji Coba, Mobil Listrik Dahlan Iskan Mogok

by
July 16th, 2012 at 1:51 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Uji coba mobil listrik buatan Depok yang dikendarai Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan ternyata tidak berjalan mulus. Mobil berwarna hijau tersebut sempat mogok sebanyak dua kali dalam perjalanan dari Depok menuju Jakarta.

Dahlan mengendarai mobil ramah lingkungan ini bersama dengan Dasep Ahmadi, selaku perancang mobil ini. Uji coba ini dilakukan dengan rute dari Depok, Lenteng Agung, Pasar Minggu, Pancoran, Semanggi, Sudirman, dan Thamrin (Kantor BPPT).

Setibanya di kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) , Dahlan menuturkan bahwa mobil yang dikendarainya itu sempat mogok di depan Sarinah. Pada saat mesin mati, baterai masih ada sekitar 40 persen. Beruntung, mobil bisa kembali dijalankan.

Tak lama, di depan Kedutaan Jepang, mesin mobil kembali ‘ngambek’ dan tidak mau menyala. Dahlan mengatakan terus mencoba menstarter mobil berwarna hijau itu beberapa kali. Dan akhirnya mesin kembali bisa dinyalakan. Ia pun melanjutkan perjalanan.

Dahlan Iskan dan Dasep Ahmadi sampai di kantor BPPT sekitar pukul 10.40 WIB. Dengan catatan waktu tersebut, perjalanan dari Depok ke kantor BPPT ditempuh dengan waktu kurang lebih dua jam. Dahlan beralasan kalau saat itu kecepatan mobil maksimal sampai 70 km/jam.

“Tadi maksimal hanya bisa berjalan dengan kecepatan 70 kilometer per jam,” ucap Dahlan seperti dikutip dari Tempo, Senin (16/7/2012).

Sementara itu, Ahmadi selaku perancang mobil mengatakan akan melakukan pengecekan ulang kepada mobil kreasinya itu. Ia menduga, mobil listriknya bermasalah di bagian catu dayanya (penyalur tenaga pada baterai) karena saat mesin mati indikator baterai menunjukan tenaga masih 40 persen. “Akan kami lakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Untuk saat ini, mobil listrik made in Depok ini baru diproduksi sebanyak tiga unit. Ketiga mobil listrik ini dibuat dengan warna yang berbeda, hijau, putih dan merah. Ketiga mobil ini nantinya akan diresmikan langsung oleh Presiden SBY dan Dahlan Iskan di Bandung.

Dasep Ahmadi selaku Direktur Utama PT Sarimas Ahmadi Pratama menuturkan telah menerima kucuran dana Rp 1,5 miliar dari Kementerian BUMN selaku sponsor pembuatan mobil listrik kreasi dalam negeri. Ia memprediksikan awal tahun 2013, mobil listrik ini sudah selesai disempurnakan. (YG)

Comment di sini