CiriCara: 15 Cara Bebas Jerawat

by
July 17th, 2012 at 1:31 pm

CiriCara.com – Jerawat akan sangat mengganggu penampilan kamu. Banyak cara dilakukan agar jerawat tidak muncul bahkan ada juga yang telah menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk mengobati jerawatnya.

Simak tips berikut ini agar terbebas dari jerawat:

1. Minum banyak air

Minum banyak-banyak air minum adalah peraturan pertama. Air yang kamu minum akan membantu memberi kelembapan pada kulit sehingga terhindar dari kekeringan.

2. Bersihkan wajah malam hari

Cara kedua yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah pada malam hari. Tidur dengan makeup malah akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

3. Memakai pelembap

Jangan lupa mengaplikasikan krim pelembap pada muka. Apabila kamu memiliki kulit sensitif sehingga peka terhadap pelembap, kamu bisa beralih ke serum wajah. Gunakan krim malam atau serum pada malam hari.

4. Bersihkan muka pagi hari

Saat bangun tidur bersihkan wajah dengan air dan aplikasikan toner agar kulit wajah lebih segar. Apabila kamu sudah bersiap untuk meninggalkan rumah, barulah kamu bisa mengaplikasikan kosmetik. Jeda ini akan memberikan waktu bagi wajah untuk bernapas.

5. Masker wajah

Gunakan masker wajah secara rutin. Masker wajah biasanya digunakan seminggu sekali atau dua kali.

6. Kenali jenis kulit

Jangan asal pakai produk kecantikan. Yang harus kamu lakukan adalah mencari kosmetik dan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

7. Vitamin wajah

Wajah juga membutuhkan vitamin. Ada dua jenis vitamin untuk wajah, salah satunya dapat dikonsumsi sedangkan yang lain hanya untuk pemakaian luar.

8. Jauhi makanan cepat saji

Makanan yang kamu asup juga akan mempengaruhi kondisi kulit. Oleh karena itu, pilih makanan sehat yang mengandung gizi seimbang yang baik bagi kulit dan kesehatan badan.

9. Kurangi minuman manis

Minuman manis bisa mengganggu kesehatan. Minum air putih yang banyak malah akan membuat kulit dan badan menjadi sehat. Agar air putih tidak membosankan, tambahkan irisan lemon atau jeruk nipis.

10. Mengganti sarung bantal

Mengganti sprei memang cukup seminggu sekali namun mengganti sarung bantal harus dilakukan paling tidak beberapa hari sekali.

11. Kuncir rambut

Banyak orang yang tidak mencuci rambutnya setiap hari oleh karena itu saat akan tidur, kuncir rambut kamu saat akan tidur. Tidak perlu terlalu erat, diikat agar longgar saja. Hal ini dimaksudkan agar tidak timbul jerawat karena rambut kotor.

12. Menyentuh wajah

Hentikan kebiasaan ini. Tangan adalah bagian tubuh yang paling kotor sehingga kamu perlu menghentikan kebiasaan menyentuh wajah dengan tanganmu.

13. Tabir surya

Gunakan tabir surya agar kulit terhindar dari sengatan sinar matahari. Semua produk lotion sudah dilengkapi dengan zat ini.

14. Pencet jerawat

Berhenti memencet jerawat. Apabila jerawat muncul, biarkan saja karena memencet jerawat malah akan membuatnya jadi bekas luka.

15. Mengelupas kulit

Jangan lupa mengelupas kulit seminggu sekali. Mengelupas kulit ini akan membantu mengangkat kotoran yang menempel pada pori-pori kulit dan sel-sel kulit mati sehingga membantu mempercepat regenerasi kulit yang baru.

Itu dia 15 cara yang bisa mencegah datangnya jerawat asal dilakukan secara disiplin dan rutin. Dengan mencegah, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli perawatan wajah yang berfungsi menghilangkan bekas luka. (GT)

Comment di sini