CiriCara: Cara Agar Tetap Sehat Saat Puasa

by
July 17th, 2012 at 11:00 am

CiriCara.com - Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bulan ini hanya datang satu kali dalam setahun sehingga sayang bila dilewatkan begitu saja. Selama satu bulan penuh, umat muslim akan belajar mengendalikan diri bukan hanya mengenai makanan tapi juga hawa nafsu yang lain.

Tetap beraktifitas seperti biasa sembari menjalankan ibadah puasa memang terdengar berat. Agar vitalitas dan kebugaran badan tetap terjaga selama sebulan penuh, simak caranya berikut ini:

1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks atau makanan yang lambat dicerna tubuh saat sahur akan sangat membantu karena selama seharian penuh kamu tidak akan memakan atau meminum apapun. Makanan yang lambat dicerna seperti gandum, beras, dan kacang-kacangan. Buah juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

2. Makanan manis saat buka

Makanan manis dapat memulihkan energi dengan cepat. Seharian beraktifitas tanpa asupan makanan akan membuat badan terasa lemas. Glukosa pada makanan manis akan cepat diserap tubuh sehingga badan akan segera fit kembali. Makanan yang paling dianjurkan adalah kurma.

3. Jauhi fast food dan gorengan

Dua jenis makanan ini rentan menimbulkan penyakit pada pencernaan seperti nyeri di ulu hati, perut kembung dan naiknya berat badan secara drastis. Memakan gorengan juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

4. Minum air yang cukup

Mengonsumsi air yang cukup akan membantu tubuh untuk menghindari dehidrasi setelah berpuasa seharian. Meminum jus dan air di antara jam buka dan tidur dapat mendetoksifikasi pencernaan. Asupan kafein, khususnya pada saat sahur hanya akan membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi.

5. Olahraga

Walaupun sedang berpuasa, olahraga tetap tidak boleh ditinggalkan. Lakukan olahraga ringan yang dapat membantu melancarkan peredaran darah dan meregangkan badan sehingga otot tubuh tidak terasa kaku. Olahraga juga dapat membantu menjaga berat badan selama berpuasa.

Menjalankan ibadah puasa memang tidak mudah apalagi bila badan tidak fit. Jagalah selalu kesehatan sehingga selama satu bulan penuh tidak ada istilah mengganti puasa di lain hari. Berpuasa juga memberikan manfaat bagi kesehatan jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak menjalankan ibadah ini. (GT)

Comment di sini