CiriCara: Cara Mengambil Foto Makanan dengan Ponsel

by
July 17th, 2012 at 11:49 am

CiriCara.com – Mengunggah foto makanan di Facebook menjadi tren di kalangan muda. Foto makanan yang menggoda tidak perlu dilakukan di sebuah restoran atau hotel berbintang. Makanan yang ada di pinggir jalan pun bisa menjadi karya yang mengagumkan.

Simak 5 cara mengambil foto makanan agar terlihat mengesankan dan menggugah selera:

1. Tampilan makanan

Tidak semua makanan lezat memiliki tampilan yang menggugah selera. Bila makanan yang dihidangkan di depan kamu ini biasa saja, hasil yang tampak pada foto juga akan sama. Makanan yang lezat belum tentu memiliki tampilan yang menggugah selera, sebut saja kari. Foto makanan yang bagus memiliki warna yang menarik seperti buah, sayur, dan makanan yang dipanggang atau dioven. Coba tata ulang makanan di piring agar lebih menarik.

2. Hati-hati kabur

Foto yang kabur berarti gagal. Blur biasanya terjadi karena lambatnya kecepatan shutter atau tangan yang bergetar. Jika ingin hasil maksimal, gunakan tripod tapi membawa tripod saat berjalan-jalan tentu saja merepotkan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan trik. Apa saja bisa dijadikan tripod seperti gelas, kendi atau benda lain yang bisa membuat kamera tetap stabil.

3. Efek pencahayaan

Menggunakan flash malah akan merusak foto. Flash hanya akan membuat foto nampak aneh dan tidak natural. Gunakan pencahayaan alami yang ada, cobalah mengambil foto makanan di waktu-waktu yang berbeda, sehingga kapan waktu yang tepat untuk mengambil foto bisa ditemukan.

4. Perhatikan detail

Fotografi makanan berfokus pada komposisi dan detail. Mencoba beragam angle dari atas hingga sangat dekat bahkan mengisi satu frame dengan makanan bisa dilakukan. Kamera yang memiliki fitur makro memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mendekat pada objek hingga beberapa sentimeter saja.

5. Perhatikan setting

Fotografi makanan bukan hanya mengenai makanannya saja. Kamu bisa saja mengambil setting restoran, mejanya, kokinya bahkan pramusajinya. Agar foto nampak baik, kamu bisa menata ulang atau menyingkirkan benda-benda yang mengganggu seperti garpu, kursi atau apapun yang akan merusak tatanan foto.

Berjalan-jalan atau mengunjungi berbagai daerah memang sudah satu paket dengan wisata kuliner. Tidak ada salahnya menggunakan kamera handphone kamu untuk mengabadikan makanan yang akan kamu makan sebagai kenang-kenangan atau untuk dipamerkan kepada teman.(GT)

Comment di sini