CiriCara: Cara Siapkan Dana Mudik

by
July 17th, 2012 at 10:04 am

CiriCara.com – Tradisi setiap kali lebaran datang adalah pulang kampung atau mudik. Tradisi ini menjadi tradisi yang selalu terjadi di setiap tahunnya. Ratusan bahkan ribuan orang mulai berkemas setiap kali Ramadhan tiba. Apakah Anda sudah siap untuk mudik lebaran tahun ini?

Hal terpenting yang perlu Anda siapkan adalah dana mudik. Pastikan dana mudik yang Anda kumpulkan itu cukup untuk pulang kampung. Jangan biarkan rencana pulang kampung Anda gagal hanya karena dana yang tidak cukup.

Berikut cara siapkan dana mudik sebelum lebaran tiba:

1. Prediksi ongkos mudik

Yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah memprediksi ongkos mudik. Caranya, Anda bisa membandingkan dengan ongkos mudik pada tahun lalu. Mengantisipasi ongkos naik, Anda bisa menambahkan 20 persen sampai 30 persen dari ongkos tahun lalu. Cara lain, Anda bisa cek di internet atau juga agen-agen kendaraan umum yang akan Anda gunakan untuk mudik.

2. Pisahkan dana liburan

Setelah sampai di kampung, beberapa pemudik memilih menghabiskan waktunya untuk berlibur bersama keluarga. Untuk itu, Anda harus memisahkan dana liburan dengan ongkos mudik. Untuk mempersiapkan dana liburan, Anda harus mulai menentukan tempat berlibur, kendaraan dan juga lamanya waktu liburan. Dengan begitu Anda bisa menabung mulai dari sekarang.

3. Perhatikan dana makanan

Meski masih di hari puasa, mudik tetap harus memperhatikan dana makanan. Apalagi beberapa penjual makanan memanfaatkan momen mudik untuk menaikkan harga. Jadi, Anda harus siapkan uang lebih untuk membeli makanan di perjalanan nanti. Jika memungkinkan, bawa bekal makanan atau camilan sendiri dari rumah, ini lebih hemat.

4. Pilih transportasi mudik

Setelah Anda memprediksi ongkos mudik, sekarang saatnya memilih transportasi mudik. Pilih transportasi yang memang ongkosnya terjangkau dan aman. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga harus menyiapkan uang untuk bensin, makanan dan juga tempat menginap jika perjalanan butuh waktu lebih dari 1 hari.

5. Selalu membawa uang tunai

Tidak semua tempat dan juga daerah punya fasilitas kartu kredit atau ATM, jadi ada baiknya siapkan uang tunai dalam perjalanan mudik. Jangan lupa juga untuk menyiapkan uang receh untuk antisipasi.

6. Beli oleh-oleh dari rumah

Tradisi memberi oleh-oleh untuk orang dikampung selalu menjadi kebiasaan. Agar dana membeli oleh-oleh tidak terlalu besar, ada baiknya membeli oleh-oleh di rumah. Biasanya harga oleh-oleh di perjalanan lebih mahal dibanding oleh-oleh di rumah. Jadi, membeli oleh-oleh di rumah jauh lebih irit.

Itulah beberapa cara mempersiapkan dana mudik yang bisa Anda coba. Dengan cara-cara di atas, dana mudik Anda tahun ini bisa lebih murah dan menyenangkan. Bagaimana, sudah siap untuk mudik lebaran 2012? (YG)

Comment di sini