Jalan Tersempit Di Dunia Terancam Hilang [Video]

by
July 17th, 2012 at 9:41 am

Reutlingen (CiriCara.com) – Salah satu kota kecil di Jerman, yaitu Reutlingen, menjadi daya tarik bagi turis mancanegara maupun turis lokal. Di kota kecil ini terdapat sebuah jalan yang lebarnya hanya 31 cm. Jalan sempit ini diberi nama Spreuerhofstrasse.

Spreuerhofstrasse terbentuk karena dua rumah bersebelahan yang dibangun pada 1726, dan tembok kedua rumah tersebut menyisakan ruang selebar 31 cm. Ruang ini sering dilalui oleh penduduk lokal di daerah tersebut. Oleh karenanya, ruang ini disebut sebagai jalan sempit Spreuerhofstrasse. Kemudian, Guinness Book of Record pun mengakuinya sebagai jalan paling sempit di dunia.

Sayangnya, seiring perkembangan zaman dan perubahan cuaca dari waktu ke waktu. Lebar jalan tersebut semakin berkurang, dikarenakan salah satu tembok rumah yang mengapitnya mulai menggelembung karena air cucuran atap yang selalu membasahi tembok jalan Spreuerhofstrasse itu. Alhasil, lebar jalan ini tidak lagi mencapai 31 cm.

Jika jalan ini semakin sempit, maka orang-orang pun, termasuk para turis akan sulit untuk melewatinya. Hal tersebut dapat mengurangi minat para turis yang datang untuk melihat jalan tersempit ini. Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka jalan Spreuerhofstrasse ini akan kehilangan gelarnya sebagai jalan tersempit di dunia.

Menurut Tanja Ulmer, kepala Reutlingen Tourism, mengatakan bahwa jika tidak ada seorang pun yang dapat melewati jalan tersebut, maka Spreuerhofstrasse tidak dapat lagi disebut sebagai jalan, dan jalan ini akan kehilangan gelarnya sebagai “Jalan” Tersempit di Dunia.

Jika Spreuerhofstrasse sampai kehilangan gelarnya, maka penduduk kota Reutlingen akan merasa sedih. Meskipun Spreuerhofstrasse tidak terlalu menghebohkan dunia pariwisata, tapi jalan tersempit ini dinilai sangat berharga bagi penduduk lokal kota Reutlingen.

Berikut ini adalah cuplikan video para turis yang sedang melewati jalan Spreuerhofstrasse.

(YK)

Huffington Post

Comment di sini