Polisi Ringkus Tersangka Penjual TKI ke Timur Tengah

by
July 17th, 2012 at 2:48 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia berhasil menringkus seseorang yang diduga sering melakukan transaksi perdagangan manusia di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Utara.

 Tersangka berinisial IAB diamankan oleh aparat kepolisian bersama 5 orang wanita yang diduga akan dijual ke Timur Tengah.

Kombes Pl Boy Rafli Amar membenarkan kabar bahwa pihak kepolisan telah menangkap IAB yang merupakan otak penjualan manusia ke Timur Tengah dengan dalih pengiriman TKI.

IAB ditangkap di sebuah apartemen pada Senin (16/7) malam. Kini, ia tengah diperiksa untuk menentukan apakah akan ditahan atau tidak.

Menurut Boy, IAB telah melakukan transaksi perdagangan manusia sejak 2009-2010. Pihak kepolisian menduga ia memanipulasi data identitas orang yang akan dikirim ke Timur Tengah, seperti usia.

Namun, Boy mengeaskan bahwa polisi masih berusaha mengungkap sindikat ini. Menurut laporan, orang-orang yang dijual ke Timur Tengah berasal dari sejumlah daerah di Tanah Air.

Mereka akan ditampung terlebih dahulu di Ibukota sebelum dikirim ke negara tujuan di kawasan Timur Tengah.

IAB yang diketahui aktif melakukan perekrutan akhir-akhir ini terancam hukuman penjara selama 7 tahun menurut UU UU 39 tahun 2004 tentang Ketenagakerjaan Pasal 102. (hp)

Comment di sini