Program Wajib Belajar 12 Tahun, Sekolah Gratis Sampai SMA

by
July 17th, 2012 at 2:24 pm

PhotoAlto/Antoine Arraou

Mulai tahun ini, Tahun Ajaran 2012/2013, Program Wajib Belajar 12 Tahun telah resmi diberlakukan. Ini berarti bahwa setiap anak di DKI Jakarta wajib bersekolah hingga jenjang pendidikan setara Sekolah Menegah Atas (SMA). Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jakarta menggratiskan biaya pendidikan mulai Sekolah Dasar (SD) hingga SMA.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang akrab disapa Foke menghimbau kepada orang tua murid untuk melapor ke Dinas Pendidikan atau langsung kepada dirinya apabila ada sekolah yang masih memungut biaya. Ia menyampaikan hal tersebut usai meninjau berjalannya hari pertama Tahun Ajaran 2012/2013 di SMKN 22, Condet, Jakarta Timur, Senin 16 Juli 2012.

“Kalau ada terima itu, laporkan ke dinas dan laporkan ke saya,” ujar Foke seperti dikutip dari Jawa Pos.

Sementara itu, Kepala Dinas pendidikan DKI Jakarta Taufik Mulyanto yang ikut mendampingi Foke meninjau hari pertama pelaksanaan program Wajib Belajar 12 Tahun menambahkan bahwa program tersebut berjalan lancar sesuai rencana. Ia juga mengatakan bahwa para orang tua tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk menyekolahkan anaknya, bahkan untuk biaya seragam sekalipun.

Terkait dengan program tersebut, 1.855 siswa dari 8 kecamatan di Jakarta Barat mengikuti Ujian Paket C yang setara dengan SMA, 694 peserta didik mengikuti Ujian Paket B (setara SMP), dan 128 peserta mengikuti Ujian Paket A (setara SD). Wakil Walikota Jakarta Barat H. Sukarno mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah agar pendidikan di Indonesia terus berlangsung sehingga bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Terlebih, Pemprov telah meresmikan program Wajib Belajar 12 Tahun sehingga tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak bersekolah.

Comment di sini