Tahun 2014, Bandara Soekarno-Hatta Punya KA Sendiri

by
July 17th, 2012 at 4:04 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pembangunan jalur Kereta Api (KA) Bandara Internasional Soekarno-Hatta direncanakan akan selesai pada 2013 mendatang. Itu artinya, KA Bandara Soekarno-Hatta akan mulai dioperasikan pada tahun 2014. Tujuannya, untuk menambah aksesibilitas para pengguna jasa penerbangan.

Direktur Jenderal Perkertaapian Kementerian Perhubungan, Tundjung Inderawan menuturkan pembangunan jalur kereta api ini bisa menjadi alternatif baru menuju bandara. Pasalnya untuk saat ini akses menuju bandara didominasi oleh kendaraan pribadi.

Tundjung menilai, kereta api juga merupakan moda transportasi yang memiliki banyak keunggulan. KA punya daya angkut yang besar (massal), cepat, hemat lahan, energi dan yang terpenting adalah ramah lingkungan.

Lebih lanjut Tundjung menuturkan bahwa KA Soekarno-Hatta dibedakan menjadi dua jalur yakin, jalur Express Line dan Commuter Line. Nantinya, para pengunjung bandara bisa memilih kereta sesuai dengan keinginan masing-masing.

Untuk jalur Express Line akan dimulai dari Manggarai-Tanah Abang-Duri-Angke-Pluit atau sejajar dengan jalan tol bandara menuju Soekarno-Hatta. Sementara untuk jalur Commuter Line, dari Manggarai-Tanah Abang-Duri-Grogol-Bojong Indah-Kalideres-Tanah Tinggi-Bandara Soekarno Hatta.

Tundjung menuturkan, untuk merealisasikan KA Express, pihak bandara akan melakukan kerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur. Sementara untuk Commuter Line, pihak bandara akan menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Pembangunan Commuter Line akan melalui daerah Tangerang, Banten. “Saat ini sedang melaksanakan pembangunan jalur ganda lintas Duri-Tangerang sepanjang 19,31 kilometer,” kata Tundjung seperti dikutip dari Kompas, Selasa (17/7/2012).

Untuk melakukan pembangunan rel kereta api itu, PT KAI telah membuat perusahaan gabungan dengan PT Angkasa Pura II. Perusahaan tersebut dinamakan PT KAI Railink, dimana PT KAI punya saham sebesar 60 persen dan PT AP II sebesar 40 persen.

Sementara itu, Direktur PT AP II, Endang Sumiarsa mengatakan pembangunan KA Bandara-Soekarno-Hatta merupakan hal yang sangat prospektif. Pasalnya berdasarkan catatan tahunan, pengunjung Bandara Soekarno-Hatta telah melonjak 22 juta orang per tahunnya.

Mengingat lonjakan yang sangat besar itu, Endang berpendapat pembangunan KA khusus Bandara Soekarno-Hatta harus segera direalisasikan. Untuknya dia meminta dukungan dari pihak pemerintah daerah hingga pemerintah pusat untuk membantu dalam pembangunan tersebut. (YG)

Comment di sini