CiriCara: Cara Hemat BBM untuk Motor Matik

by
July 18th, 2012 at 4:05 pm

Ilustrasi

CiriCara.com – Kebanyakan pengguna motor matik mengeluhkan konsumsi bahan bakar (BBM) yang boros. Sistem kerja motor matik yang tinggal gas langsung jalan, disebut-sebut sebagai penyebab boros BBM. Bisakah masalah ini diatasi agar motor matik jadi irit?

Bagi Anda pemilik motor matik ada kabar gembira. Pasalnya konsumsi BBM pada motor matik bisa lebih irit dengan melakukan beberapa trik atau cara hemat dalam memakainya. Perhatikan cara hemat BBM untuk motor matik berikut seperti dikutip dari Otosia:

1. Tarik gas sesuai tarikan mesin

Motor matik dirancang dengan sistem otomatis tanpa harus menggunakan gigi manual. Nah, agar BBM motor matik hemat, maka tarik gas sesuai dengan irama mesin. Jangan menarik gas tiba-tiba, karena ini hanya akan membuat katup bensin terbuka.

2. Jangan terlalu lama memanaskan mesin

Memanaskan mesin bisa saja membuang banyak bensin. Itulah sebabnya memanaskan mesin tidak boleh terlalu lama. Jika takut mesin cepat rusak karena tidak dipanasi, lebih baik pacu motor Anda dengan kecepatan rendah dulu. Kalau mau memanaskan mesin, paling lama 3 menit.

3. Rutin mengganti oli motor

Setiap bengkel resmi selalu menyarankan untuk ganti oli motor secara rutin. Ini mencegah tarikan motor terasa berat yang kemudian bisa membuat Anda menarik tuas gas dalam-dalam. Padahal menarik tuas gas dalam-dalam hanya akan membuat banyak bensin keluar sia-sia. Dengan oli yang bagus, tarikan motor akan terasa enteng. Hanya sedikit menarik tuas gas, motor bisa melaju kencang.

4. Selalu cek tekanan angin ban

Ban yang kurang angin hanya akan membuat gerak motor lebih berat. Saat ini terjadi, pengendara akan cenderung menarik gas penuh untuk bisa melaju cepat. Padahal jelas menarik gas penuh adalah pemborosan bensin. Sebelum pergi menggunakan motor matik, ada baiknya cek dulu tekanan angin pada ban.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghemat bahan bakar motor matik yang Anda pakai. Jika bahan bakar kendaraan hemat, maka uang bulanan Anda pun akan lebih hemat. (YG)

Comment di sini