Hitung Manual KPU: Foke-Nara Ungguli Jokowi-Ahok di Kep. Seribu

by
July 18th, 2012 at 8:48 am

VIVAnews

Jakarta (CiriCara.com) - Hasil penghitungan cepat oleh sejumlah lembaga setelah Pilkada DKI 2012 berakhir yang menunjukkan bahwa pasangan Jokowi-Ahok unggul atas pasangan cagub-cawagub lainnya dipertegas oleh hasil penghitungan manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hasil hitung manual yang dirampungkan KPU pada Selasa (17/7) kemarin memperlihatkan pasangan yang diusung PDIP-Gerindra unggul di lima wilayah kota DKI Jakarta.

Jokowi-Ahok tidak mampu meraih suara terbanyak hanya di Kepulauan Seribu. Bahkan pasangan yang berjualan baju kotak-kotak untuk dana kampanye ini kalah dari Alex-Nono yang secara keseluruhan berada di peringkat 5. Sebagian besar warga Kepulauan Seribu memilih Foke-Nara sebagai gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta 2012-2017.

Tetapi, berdasarkan hitung cepat KPU, Jokowi-Ahok unggul telak di empat wilayah kota lainnya. Persaingan ketat hanya terjadi di wilayah Jakarta Selatan di mana Foke-Nara meraih 319.389 suara, sedangkan Jokowi-Ahok dicoblos 357.172 orang.

Ketua KPU Jakarta Barat Sjahrin Lumbantoruan menegaskan bahwa Jokowi mendominasi semua kecamatan di wilayah tersebut.

Hasil hitung manual ini diakui oleh tim sukses Foke-Nara. Menurut mereka, hasil ini sama dengan perhitungan yang dilakukan oleh mereka sendiri.

Sementara itu, wakil sekretaris tim sukses Jokowi mengatakan bahwa kemenangan pasangan yang mereka usung memperlihatkan fakta bahwa warga Ibukota ingin perubahan yang signifikan.

Setelah penghitungan manual selesai, jadwal KPU Provinsi DKI Jakarta selanjutnya adalah rekapitulasi yang akan dilakukan pada Kamis (19/7). Pengumuman resmi akan dirilis pada Jumat (20/7).

Jika tidak ada pasangan yang meraih suara 50% plus satu, maka akan dilakukan Pilkada DKI putaran 2 yang dijadwalkan pada 20 September 2012 (lihat: Jadwal Lengkap Pilkada DKI Putaran 2). (hp)

Comment di sini