Rahasia Kesuksesan Apple Menurut Steve Wozniak

by
July 18th, 2012 at 9:37 am

Jakarta (CiriCara.com) - Salah seorang pendiri perusahaan Apple, Steve Wozniak, mampir ke Jakarta untuk berbagi ilmu dengan para pemuda-pemudi Indonesia dalam seminar bertajuk Innovation & Creativity pada Selasa (17/7) di Nusa Indah Theater Balai Kartini.

Wozniak mendirikan Apple Inc. tahun 1976 bersama kawannya, Steve Jobs, saat ia masih berusia 26 tahun. Steve Jobs yang telah dipanggil Tuhan bahkan jauh lebih muda saat itu. Pria kreatif yang perjalanan hidupnya akan diabadikan dalam bentuk film ini baru berusia 21 tahun saat menjalankan ide gila mendirikan Apple bersama Wozniak.

Di dalam seminar, Wozniak dengan gayanya yang santai membagikan pengalamannya ketika membanting tulang memajukan Apple.

Ia memberikan sejumlah nasihat kepada para peserta seminar. Menurutnya, inovasi dan kreativitas berarti tidak pernah meniru ide orang lain. Pria berbadan subur ini beranggapan motivasi diri untuk mulai melakukan sesuatu jauh lebih bernilai ketimbang uang.

Saat jumpa wartawan, Wozniak mengatakan ia dan Jobs merupakan pemuda yang memiliki mimpi besar saat mendirikan Apple. Ia begitu getol mencari pengetahuan baru lewat buku dan mempelajari bahasa pemrograman sampai tidak sempat mencari kekasih.

Ia juga mengaku tak pernah memikirkan perusahaan yang menjadi pesaingnya. Ia hanya fokus menciptakan produk bermutu yang berguna bagi banyak orang.

Bicara soal ide yang didapatkan, Wozniak mengungkapkan ide-ide brilian sering muncul pada saat yang tidak dapat diduga seperti saat dalam posisi antara terjaga dan tidur.

Ia memberi saran agar orang-orang memulai semuanya dengan sesuatu yang sederhana, namun tanpa meninggalkan detail. Menurutnya, ide akan datang menyusul tanpa penah terduga.

Pria yang mengawali bisnis tanpa modal melimpah ini mengajak para pelaku bisnis untuk saling terbuka dan berbagi. Pelaku bisnis harus mau terbuka agar bisa mengidentifikasi orang-orang kreatif yang bisa direkrut untuk memperlancar usaha.

Hal itulah yang dilakukan Wozniak sebagai konseptor kreatif dan Jobs sebagai perancang produk bertalenta.

Wozniak yang mengundurkan diri dari Apple pada 1997 untuk memulai perusahaan baru dalam bidang teknologi lain, CL 9, juga menyarankan para peserta seminar untuk tidak menyia-nyiakan masa muda.

“Kamu harus menulis buku dan merengkuh rencana hidupmu sendiri,” ujarnya. (hp)

Comment di sini