Situs Pemerintah Dihajar 3 Juta Kali Selama 2011

by
July 18th, 2012 at 4:36 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Situs pemerintah sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat dan penyimpanan data masyarakat yang penting ternyata sering dihajar oleh peretas.

Menurut pemberitaan Kompas.com, selama tahun 2011 tercatat sejumlah situs pemerintah diserang hingga 3 juta kali.

Bahkan, situs Mabes Polri juga pernah menjadi korban kejahatan dunia maya. Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan halaman muka situs Mabes Polri pernah diubah oleh seseorang.

Tifatul menyampaikan hal tersebut dalam seminar ”Kesiapan Menghadapi Tantangan Keamanan Internet” yang diselenggarakan pada Selasa (17/7) di Jakarta.

Kemananan dalam berinternet menjadi salah satu topik yang dibahas dalam seminar tersebut.

Menurut Tifatul, serangan terhadap situs-situs pemerintah meningkat beriringan dengan meningkatnya kemajuan teknologi serta penggunaan internet oleh masyarakat. Serangan yang tidak hanya berupa penyebaran virus, tetapi juga penyalahgunaan informasi dan data yang berpotensi merugikan masyarakat.

Ketika terjadi serangan, menurut Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure Rudy Lumanto ada 3 tindaklanjut yang dilakukan yakni melapor, tidak melapor, dan memonitor.

Setelah memonitor, biasanya hal yang dilakukan adalah mencari pelaku penyerangan.

Sistem keamanan internet setiap situs pemerintah diuji tiap tahun agar tidak mudah menjadi sasaran peretas. Menurut Rudy, dilakukan 3-4 kali pengujian sistem keamanan internet di situs perusahaan perbankan per tahunnya.

Menurut data, pengguna internet di Indonesia berjumlah sekitar 150 juta orang. Sementara itu, jumlah pengguna internet secara global diperkirakan mencapai 2,3 miliar orang.

Namun, Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfko mengatakan masyarakat Indonesia masih belum sadar akan pentingnya keamanan di dunia maya.

“Disuruh pasang dan ganti PIN di HP saja susah. Terlalu cuek,” katanya. (hp)

Comment di sini