The New Tanjung Priok Dirancang Mirip Pelabuhan Singapura

by
July 18th, 2012 at 11:48 am

JP/R Berto Wedhatama

Jakarta (CiriCara.com) – Indonesia dikabarkan akan mempunyai pelabuhan internasional baru pengganti Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pelabuhan baru itu akan di bangun di Pelabuhan Kalibaru. Biaya yang akan dikeluarkan untuk merombak pelabuhan itu mencapai US$ 2,5 miliar.

Direktur Utama Pelindo II, RJ Lino mengatakan bahwa Pelabuhan Kalibaru yang dijuluki ‘The New Tanjung Priok’ akan segera dirombak pada Agustus 2012. Nantinya pelabuhan internasional ini akan didesain seperti pelabuhan internasional di Singapura, Shanghai dan Rotterdam yang dikenal sebagai pelabuhan yang besar.

Kehadiran pelabuhan ‘The New Tajung Priok’ diharapkan bisa membantu Pelabuhan Tanjung Priok dalam melayani proses ekspor-impor barang. Selama ini, 70 persen proses ekspor-impor barang yang masuk ke Indonesia dipegang oleh Tanjung Priok.

Lino menjelaskan, untuk membangun ‘The New Tanjung Priok’ pihaknya akan melakukan pengerukan kedalaman di Pelabuhan Kalibaru. Tujuannya agar kapal-kapal besar bisa bersandar di pelabuhan bertaraf internasional ini. Untuk saat ini pelabuhan Tanjung Priok baru bisa untuk kapal-kapal standar.

“Design depth (kedalaman) hingga 20.00 m tahap awal akan di dredge (keruk) 16.00 m,” jelas Lino kepada detikfinance, Rabu (18/7/2012).

Proyek pembangunan The New Tanjung Priok ini akan dilakukan dengan cara bertahap. Tahap pertama pembangunan akan difokuskan pada pengembangan rencana induk. Nantinya akan dibangun tiga terminal kontainer dan dua terminal bahan bakar minyak dan gas.

Jika berhasil dengan sukses, The New Tanjung Priok akan membawa Indonesia masuk ke dalam daftar negara-negara dengan layanan pelabuhan internasional. Proyek ini adalah visi IPC (Indonesia Port Corporation/Pelindo II) dalam menenpatkan pelabuhan Tanjuk Priok sebagai pelabuhan regional. (YG)