15 Virus Komputer Paling Berpengaruh di Dunia

by
July 19th, 2012 at 10:28 am

Jakarta (CiriCara.com) – Kaspersky Lab, perusahaan keamanan komputer ternama yang didirikan oleh Eugene Kaspersky, baru saja merayakan ulang tahun ke-15. Terkait hal tersebut, mereka mengingatkan kita akan 15 virus komputer yang paling berpengaruh di dunia.

Kaspersky menyampaikan hal tersebut melalui press rilis pada Selasa, 17 Juli 2012. Berikut daftar 15 virus yang paling dikenang sepanjang sejarah.

1. Brain (1986)

Brain merupakan virus pertama yang menginfeksi komputer berbasis MS-DOS. Virus yang diciptakan oleh kakak beradik asal Pakistan ini menyerang boot sector dari media penyimpanan (floppy disk) yang diformat dengan sistem file FAT di DOS.

2. Morris  (1988)

Morris worm atau dikenal dengan “Internet worm of November 2, 1988″ ini merupakan virus jenis worm pertama yang menyebar melalui internet. Virus ini menginfeksi sekitar 6000 atau 10 persen dari 60.000 komputer yang terhubung ke internet. Virus ini juga merupakan virus pertama yang paling banyak menyita perhatian media.

3. Michelangelo (1992)

Virus ini pertama kali ditemukan di Australia pada 4 Februari 1992. Michaelangelo menyerang BIOS dgn cara menetap di sana tanpa melakukan apapun hingga 6 Maret 1992. Entah sengaja atau tidak, tapi 6 Maret merupakan tanggal kelahiran Michaelangelo, seniman dari masa Renaissance.

4. Concept (1995)

Virus ini merupakan virus pertama yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman makro . Biasa menyebar dengan “menumpang” pada aplikasi lain sehingga bisa dijalankan secara otomatis saat dokumen yang terinfeksi dibuka.

5. Melissa (1999)

Virus ini menyebar secara global dan merupakan virus yang mengawali era menyebarkan malware menggunakan email massal.

6. Slammer (2003)

Slammer merupakan sebuah virus jenis worm yang tanpa menggunakan file (fileless).

7. Cabir; Proof-of-Concept (2004)

Merupakan virus pertama yang menyerang ponsel berbasis Symbian (paling banyak merk Nokia) melalui bluetooth.

8. Leap (2006)

Virus ini merupakan yang pertama menyerang Mac OS X. Pertama kali ditemukan oleh sebuah perusahaan keamanan komputer bernama Intego pada 14 Februari 2006. Leap merupakan jenis worm yang mampu menyebar melalui Local Area Network (LAN) namun tidak mampu menyebar melalui internet.

9. Storm Worm [Zhelatin] (2007)

Dinamakan Storm Worm oleh F-Secure, perusahaan keamanan komputer asal Finlandia. Virus jenis Backdoor Trojan yang menyerang komputer berbasis Windows tersebut menyebar ke Amerika Serikat dan hampir seluruh Eropa pada 19 Januari 2007 melalui sebuah email yang diberi judul “230 tewas akibat badai yang menyerang Eropa”.

10. Koobface (2008)

Koobface merupakan worm pertama yang menjadikan para pengguna Facebook sebagai target.

11. Conficker (2008)

Conficker merupakan worm yang paling bandel. Sejak terdeteksi pertama kali pada November 2008, virus ini sempat menginfeksi jutaan komputer di dunia termasuk pemerintah, sekolah, dan perusahaan-perusahaan.

12. Fake Player (2008)

Virus ini menyerang ponsel berbasis Android. Pencipta virus in memperolah uang banyak karena ponsel Android yang terinfeksi akan mengirim sms premium berbayar.

13. Stuxnet (2010)

Virus ini melakukan pengintaian pada SCADA (Supervisory Control dan Data Acquisition) sehingga menjadi pertanda bahwa era “perang cyber” telah dimulai.

14. Duqu (2011)

Trojan ini mampu mengumpulkan informasi mengenai korban atau target yang telah terinfeksi.

15. Flame, (2012)

Flame juga terkenal dengan nama SkyWLper atau Skywiper. Virus yang menyerang perangkat berbasis Windows tersebut digunakan untuk memata-matai target.

Kaspersky menilai bahwa saat ini sangat penting untuk memerangi kejahatan di dunia maya. Pasalnya, tiga virus seperti Stuxnet,Duqu, dan Flame akan mampu menjadi mata-mata sebuah negara atas negara lain. (dd)

Comment di sini